Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Hadiri Kegiatan Kesenian Tradisional di Tluk Kualo Indrapura

PARIWISATA-903 hit

Penulis: Je | Editor: Medio Agusta

PAINAN - Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar, menghadiri kegiatan penampilan kesenian tradisional dengan tema "Bimbang Nagari" di Tluk Kualo Indrapura, Kecamatan Air Pura, Kamis (2/12).

Dalam sambutannya Bupati Rusma Yul Anwar menyampaikan, Pessel merupakan daerah yang sangat kaya akan kebudayaan, baik budaya berupa benda sejarah maupun peninggalan warisan budaya.

"Ada tujuh warisan budaya kita yang sudah diakui tingkat nasional, yaitu babiola, tari benten, tari sikambang manih, anak balam, tari kain, badampiang, dan patang balimau," katanya.

Baca Juga


Dalam kondisi yang lebih spesifik, Pessel merupakan suatu daerah yang didiami beberapa suku. Selain sukuminang, juga terdapat sukujawa, medan dan lainnya.

Keberagaman etnis tersebut yang menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sarat dengan nilai budaya lokal yang sangat luhur dan tidak ternilai harganya.

Akan tetapi, kearifan lokal tersebut sudah mulai tergeser oleh transformasi dan peradaban sosial, sehingga lambat laun akan mengalami kepunahan.

"Jika sejak dini tidak dilakukan revitalisasi terhadap nilai-nilai budaya yang ada, maka lambat laun budaya tersebut akan hilang," ungkap bupati.

Lebih lanjut bupati berharap dalam kegiatan penampilan kesenian tradisional selain sebagai bagian tupoksi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, juga dapat menjadi media untuk membangun semangat generasi muda dalam menggali, mengenali, dan memahami nilai-nilai budaya tradisional yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan. (Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru