Mahasiswa Kominikasi Sekolah Vokasi IPB University Dampingi UMKM Lakukan Digital Marketing

EKONOMI-857 hit

Penulis: Jen | Editor: Marjeni Rokcalva

BOGOR - Mahasiswa komunikasi SekolahVokasi IPB University melaksanakan program IPB Goes to Field(IGTF) dalam rangka membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah meningkatkan pemasaran produk. Program ini berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University. Mahasiswa dibagi dalam 30 kelompok yang akan membantu UMKM di lingkar kampus IPB University. IPB Goes to Field mulai dilaksanakan pada Oktober hingga Desember ini.

Kelompok IGTF 9 mendapatkan kesempatan untuk membantu UMKM Gapoktan Mandiri Jaya yang berlokasikan di Desa Cikarawang, KecamatanDramaga, Kabupaten Bogor. Padahari Jumat (29/10/2021) kelompok IGTF 9 melakukan kunjungan pertama untuk mengetahui lokasi dan kondisi UMKM. Kedatangan kelompok IGTF 9 disambut Ahmad Bastari. S.R selaku pemilik UMKM.

Produk yang dihasilkanoleh UMKM GapoktanMandiri Jaya,yaitu: butter cookies, brownies ubikhasbogor, teh tubi daun ubi, teh daun ubi jalar, tepung hurip, keripik singkong, keripik daun ubi jalar, keripik pangsit bawang, kacang sembunyi, dansaus sambal cap ibu jari jempol. Selain itu, UMKM Gapoktan Mandiri Jaya juga menjual ubi mentah yang ditanam di lahan sendiri.

Ahmad mengaku penjualan produk selama masa pandemi COVID-19 menurun. Selainitu, Ahmad juga memiliki kendala dalam pemasaran karena ada beberapa produk yang belum memiliki sertifikasi halal. Ahmad memiliki keinginan untuk meningkatkan pemasaran produk, khususnya produk-produk yang merupakan olahan dari tepung ubi.

Guna membantu Ahmad meningkatkan pemasaran produk, kelompok IGTF 9 mendampingi pengimplementasian digital marketing dalam pemasaran produk UMKM Gapoktan Mandiri Jaya. Langkah awal yang dilakukan kelompok IGTF 9 adalah memberikan edukasi kepada UMKM terkait tata cara penggunaan media digital serta kelebihan penggunaanya dalampemasaran. Setelah itu, kelompok IGTF 9 membantu dalam pembuatan akun e-commerce dan media sosial UMKM yaitu, Shopee, GrabFood, dan Instagram. Setelahpembuatan akun, kelompok IGTF 9 mengambil fotodan video produk sebagai bahan promosi pada e-commerce dan media sosial UMKM.

Kegiatan pendampingan dan pengimplementasian digital marketing yang sedang terlaksana ini bertujuan agar produk UMKM Gapoktan Mandiri Jaya semakin dikenal oleh masyarakat dan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam pembelian produk. Kelompok IGTF 9 juga membantu menjembatani UMKM dalam mendapatkan sertifikasi halal melalui IPB Halal Center.

Terlaksananya kegiatan pendampingan dan pengimplementasian digital marketing pada UMKM dalam program IPB Goes to Field ini, diharapkan UMKM yang berada di lingkarkampus IPB University khususnya UMKM GapoktanMandiri Jaya dapat berkembang dan semakin berkualitas sehingga dikenal oleh masyarakat luas. Selainitu, program IPB Goes to Field juga diharapkan dapat menjalin hubungan baik antara Mahasiswa Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University dan masyarakat.

(Jen)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru