Menikmati Secangkir Kopi Kawa Daun yang Nikmat

SELINGAN-184 hit

Salah satu kebiasaan yang selalu dilakukan di pagi hari adalah mencari gelas untuk menuangkan seduhan kopi panas. Kopi menjadi sumber energi kebanyakan dan bisa membantu Anda terbangun serta siap untuk beraktivitas.

Dari sekian banyak varian sajian kopi, terdapat satu jenis kopi yang unik dengan berbahan dasar daun yakni kopi Kawa Daun. Kopi ini merupakan minuman yang berasal dari Sumatera Barat dan terbuat dari daun-daun kopi. Diambil dari bahasa Arab, yaitu "qahwah" yang berarti kopi, itulah asal muasal dari nama Kawa Daun.

Berbeda dengan kopi lainnya yang terbuat dari biji kopi untuk mengeluarkan rasa yang kaya, Kawa Daun memanfaatkan daun kopi. Jenis minuman ini diolah dengan cara yang mirip dengan pengolahan teh untuk menciptakan sebuah minuman yang menjadi khas warga Minang.

Baca Juga


Sempat membuat heboh beberapa waktu lalu, banyak yang berdebat mengenai rasa dari jenis minuman ini. Ada yang menyebut bahwa minuman unik ini masuk ke dalam kategori minuman kopi. Di lain sisi, tidak sedikit yang memberikan pendapat mereka bahwa minuman ini masuk dalam kategori minuman teh.

Walaupun terbilang unik, kopi ini dikenal memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.Kadar antioksidan yang terkandung dalam kopi Kawa Daun diketahui lebih tingggi dari teh hitam atau teh hijau. Anda yang rutin minum kopi ini juga akan semakin menjauhi risiko penyakit-penyakit, seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan juga hipertensi.

Di Sumatera Barat, Anda bisa mendapatkan kopi ini dengan mudah. Umumnya, kopi ini dijual di tempat-tempat makanan dengan pemandangan alam terbuka, lebih tepatnya di Kabupaten Tanah Datar. Oleh karena itu, untuk Anda yang sedang berjalan-jalan atau berlibur ke daerah ini dijamin akan merasakan ketenangan dan kedamaian sembari menyeruput kopi Kawa Daun.

Membuat Kopi Kawa Daun di Rumah

Jika Anda sedang menginginkan kopi ini dan tidak tahu harus pergi kemana, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan bahan dasar daun kopi, sangrai daun tersebut atau menggorengnya menggunakan wajan di atas kompor tanpa menggunakan minyak.

Saat daun kopi sudah kering, sobek-sobek menjadi dua, dan tuang air dingin ke dalam gelas. Aduk rata campuran air dingin tersebut sebelum memasukkannya kembali ke dalam panji atau wajan. Rebus air dengan daun hingga mendidih dan kopi Kawa Daun rumahan siap untuk disajikan.

Umumnya, masyarakat Sumatera Barat hanya akan menambahkan gula tebu, atau saka, ke dalam seduhan kopi. Anda juga bisa menambahkan gula atau susu sesuai selera Anda dan kopi sudah siap disajikan. Aroma dari kopi ini terasa lebih lembut dengan warna yang lebih jernih dari kopi-kopi lainnya. Jenis kopi ini juga akan memberikan rasa terbaik saat masih dalam keadaan panas atau hangat.

Cerita di Balik Kawa Daun

Diketahui cerita dibalik munculnya jenis minuman ini adalah saat penjajahan Belanda sedang berlangsung dan warga Minang memahami tingginya nilai tanaman kopi. Dengan biji kopi yang diambil untuk diekspor terus-menerus, warga Minang kemudian mencoba untuk memanfaatkan bagian yang tersisa dari tumbuhan kopi, yaitu dedaunannya.

Kopi ini akan memberikan perpaduan yang menarik saat disajikan dengan gorengan hangat, cocok untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan sahabat terdekat. Sejak dulu, masyarakat menggunakan batok kelapa sebagai wadah minuman dan tetap digunakan hingga saat ini. Anda hanya perlu mendatangi salah satu dari beberapa warung yang ada di Sumatera Barat.Dengan kombinasi kopi Kawa Daun, sepiring gorengan, dan suasana alam terbuka, Anda dijamin akan lupa waktu. (***)

Source: https://www.jurnalistravel.com/seteguk-kisah-epik-kopi-kawa-daun/

Loading...

Komentar

Berita Terbaru