Warga Gunung Medan Protes Tumpukan Sampah TPA, Ini Tanggapan DLH Dharmasraya

PERISTIWA-314 hit

DHARMASRAYA - Kondisi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) yang berada di jalan Aur jaya Sitiung 5 daerah Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, pada hari Minngu sangat memperihatinkan sekali. Sampah atau limbah rumah tangga tersebut telah sampai di ruas jalan lintas menuju daerah Jorong Aur Jaya.

Hasil Pantuan pada hari minggu (28/11/2021) di lapangan sampah atau limbah rumah tangga tersebut telah merusak pemandangan dan di tambah lagi dengan bau kurang sedap membuat warga melintasi tersebut merasa resa.

Salah seorang warga Jorong Aur Jaya Sitiung 5, Marno umur 64 tahun yang ditemui awak media menagatakan, kami selaku warga Jorong Aur Jaya Sitiung 5 sangat resah dengan kondisi sampah yang berada Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS).

Baca Juga


"Kejadian tersebut bukan yang pertama kali terjadi,tetapi saat ini lebih parah karena telah sampai ke ruas jalan,seharusnya sampah tersebut harus dipinggirkan atau di buang pada tempat yang telah di sidiakan bukan di buang dipinggir jalan kalau sudah menumpuk tersebut akan menimbulkan penyakit dan mengganggu kami yang akan pulang ke rumah di Jorong Aur Jaya Sitiung 5," ucap Marno.

Di tempat yang sama, Amirrudin umur 50 tahun warga Gunung Medan yang hendak pergi ke ladangnya ditemui awak media mengatakan kejadian sampah bekas limbah rumah tangga tersebut bukan yang pertama kali.

"sampah yang menumpuk di pinggir jalan sudah sering, tetapi kali ini yang lebih parah,kerena saya sering melewati jalan ini,memang sampah yang menumpuk di jalan ini.membuat kami risih dan gelisa karena baunya dan kemudian sampah tidak terurus serta tidak tertata dengan baik. Kami selaku warga mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, atau intasi terkait untuk membersihkan sampah yang berserakan di jalan tersebut yang selama ini tidak terurus dan memprihatikan," ucap Amirrudin.

Sudah Dibersihkan

Kondisi sampah yang tidak terurus hingga ke ruas jalan yang berada di lokasi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) yang berada di jalan Aur jaya Sitiung 5 daerah Nagari Gunung Medan,Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, telah di bersihkan dengan menggunkan alat berat dan di lakukan penatahan supaya tidak meluber ke jalan lintas lagi.

Hal tersebut di sampaikan oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dharmasraya Silaturahim, yang di temui di rungan oleh awak media mengatakan Sampah yang berserakan berapa waktu lalu lokasi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) yang berada di jalan Aur jaya Sitiung 5 daerah Nagari Gunung Medan,Kecamatan Sitiung tersebut,pada hari ini telah di bersihkan dengan mengunakan alat berat,

Di tambahkannya untuk penangan sampah tersebut memang kewenangannya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Dharmasraya,Sebanar untuk luas arial lahan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) di sana 14 ribu meter persegi. Selama ini penanganan sampah dalam satu bulan penuh dan terus bertambah dan untuk alat berat yang beroperasi di sana hanya satu kali dalam sebulan.

Melihat kondisi sekarang sampah sampai meluber hingga ke ruas jalan tersebut,Karena keterbatasan alat berat yang ada selema ini.menurut data yang kami terima alat berat yang di miliki Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ada 3 unit yang dua unit dalam kondisi rusak,dan satu unit dalam kondisi redy (baik) yang bisa dapat di pakai.Artinya antrian menggunakan alat tersebut.

Kemaren itu kita menunggu alat berat tersebut,ternyata sampah tersebut telah menumpuk,dan informasi yang kita dapat pada hari ini,alat berat tersebut sudah berada di lokasi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) tersebut untuk melakukan pekerjan secapat mungkin supaya tidak meluber ke jalan ucap Sekretaris DLH Kabupaten Dharmasraya Silaturahim.

Sampah yang menumpuk nantiknya kita geser dan di lakukan penimbunan dengan tanah,dan setalah di padatkan kemudian ditimbun lagi dengan sampah berikutnya begitulah proses nya.Untuk idealnya alat berat harus stby di di lokasi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) tersebut.

"Kemudian kedepannya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Dharmasraya bersama pemerintah daerah serta unsur yang lain berkerja sama tentang sampah dan kita berharap kejadian ini tidak terulang lagi," ucap Silaturahim. (Eko)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru