HUT PGRI dan HGN di Solsel, Bupati Khairunas Serahkan Piagam dan Dana Pembinaan ke Guru dan Murid

PENDIDIKAN-293 hit

PADANG ARO - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) selesai upacara menyerahkan piagam dan dana pembinaan pada guru dan murid berprestasi di daerah tersebut. Terutama yang telah membawa nama harum Kabupaten Solsel di Tingkat Nasional.

Pada dasarnya, Guru adalah sosok yang begitu berjasa dalam memberikan ilmu pengetahuan bagi kita serta mengabdi demi majunya generasi pendidikan. Selain itu guru juga identik di tengah kehidupan masyarakat, sebagai tempat untuk bertanya atau untuk dimintai pendapat.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-ketua-dprd-solsel-zigo-rolanda-saat-menyerahkan-piagam-pada-guru_foto1_271121074926.jpeg

Baca Juga


Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda Saat Menyerahkan Piagam Pada Guru Berprestasi

Maka apresiasi bagi kalangan pendidikan itu pula di HUT PGRI ke-76, Bupati Solsel, H. Khairunas, atas nama Pemkab Solsel menyerahkan piagam dan dana pembinaan pada guru dan murid yang berprestasi.

"Kita dorong dan apresiasi para guru dan murid yang berprestasi, apalagi untuk kebaikan nama daerah," kata H. Khairunas disela-sela penyerahan piagam dan hadiah pada guru dan pelajar di acara tersebut.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-wabup-solsel-yulian-efi-saat-menyerahkan-dana-pendidikan-pada-siswa_foto2_271121074926.jpeg

Wabup Solsel Yulian Efi Saat Menyerahkan Dana Pendidikan Pada Siswa Berprestasi

Tercatat beberapa guru dan murid yang telah berprestasi di tingkat Nasional, saat itu menerima piagam penghargaan dan dana pembinaan dari Pemkab Solsel, antara lain yang terbanyak dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Solsel.

Sedikitnya ada 3 orang guru dan 3 orang murid SMP Negeri 1 Solsel di Muara Labuh. Ditambah satu orang guru dari SMP Negeri 32 Solsel dan seorang pelajar dari Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 04 Solsel yang menerima penghargaan pada tahun ini, saat peringatan HUT PGRI dan HGN tahun 2021.

Masing-masing pelajar yang berprestasi di tingkat Nasional, Pemkab Solsel memberikan dana pendidikan sebesar Rp. 5 juta. Piagam penghargaan pada guru serta sertifikat pada Kepala Sekolah Penggerak yang lulus tahun ini.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-ketua-tp-pkk-solsel-ny-hj-erniati-khairunas-saat-menyerahkan-piala_foto3_271121074926.jpeg

Ketua TP-PKK Solsel Ny. Hj. Erniati Khairunas Saat Menyerahkan Piala Pada Guru Berprestasi

Mereka yang menerima penghargaan tersebut antara lain, Aisyah Ikhsan (kelas VII) meraih Perak, Daffa Fauzi (kelas IX), serta Aisyah Putri Salsabila (kelas IX) meraih Perunggu dari SMP Negeri 1 Solsel yang juara nasional Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Nasional tahun 2021.

Selain itu dari kalangan guru pembina IPA dari SMP Negeri 1 Solsel yang juga menerima piagam penghargaan, diantaranya, Wirza Nengsih, S.Pd., M.M., Riri Febri Roza, S.Pd., dan Winda Yuliani, S.Pd.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-sekdakab-solsel-saat-menyerahkan-beasiswa-pada-pelajar_foto4_271121074927.jpeg

Sekdakab Solsel Saat Menyerahkan Beasiswa Pada Pelajar Berprestasi

Ada juga siswa dari SMA Negeri 04 Solok Selatan, Risa Fadila Cahaya yang memenangkan berhasil meraih medali emas pada KSN tingkat SMA Bidang Studi Geografi di Tingkat Nasional.

Terakhir seorang guru Rezi Rahmat, M.Pd., yang dengan prestasi pada Peluncuran Buku Kumpulan Pantun Nasihat 1000 Guru ASEAN Tingkat Internasional dan juga sudah mendapatkan rekor MURI, juga kebagian pernghargaan dari Pemkab Solsel pada puncak HGN tahun 2021 itu.

Pada tahun ini melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), peringatan HGN pada 25 November bertemakan 'Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tubuh'.

"Artinya guru harus menyikapi keterbatasan kegiatan pembelajaran tatap muka di kelas dengan membangun kiat dan cara untuk memotivasi murid agar tetap belajar," harap H. Khairunas.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-suasana-hut-pgri-dan-hgn-di_foto5_271121074927.jpeg

Suasana HUT PGRI dan HGN di Solsel

Harapan Pemerintah kepada guru di momen peringatan HGN itu, disaat negeri ini masih dilanda Pandemi Covid-19, hendaknya para guru mau tidak mau harus turun ke rumah-rumah pelajar untuk memastikan para murid tidak ketinggalan dalam pelajaran.

Pemerintah sangat mengharapkan tenaga pendidik agar terus meningkatkan pengabdian dan serta kualitas dan prestasinya dalam dunia pendidikan, guna menunjang kualitas pendidikan yang baik bagi generasi Solsel ke depan.

Data dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solsel, tercatat Pemkab Solsel selama tahun 2021 sudah diberikan bantuan sebanyak 4.769 seragam gratis untuk siswa baru kelas satu Sekolah Dasar (SD), dan siswa baru kelas 1 SMP, berupa baju putih dan baju pramuka.

Pada tahun 2022 mendatang juga sudah diakomodir pula seragam gratis untuk sebanyak 11.560 siswa baru SD, SMP, Madrasah, dan SMA/SMK/MA dengan alokasi anggaran kurang lebih 2,5 milyar.

Menurut Kepala Disdikpora Solsel, Irwandi Osmaidi, S.E., hal tersebut merupakan bukti komitmen Pemerintahan Bupati Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi, merealisasikan program seragam gratis yang telah tertuang dalam visi dan misinya.

Sedangkan Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikpora, Rafendi Yuzuar, S.Pd., didampingi, Kepala Sesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP, Gusrizal, S.IP., Kepala Sesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD, Desmeri, S.Pd., dan Kepala Sesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Paud/PNF, Eri Budiman, S.Pd., saat ini jumlah guru didaerah tersebut tengah dilakukan pendataan, mulai dari guru TK-Paud sebanyak 71 orang, guru SD sebanyak 1.181 orang, dan SMP sebanyak 377 orang.

Pendataan ini, juga bagian dari upaya pemerataan guru dan sebahan kajian untuk usulan guru nantinya, jika masih ada kekurangan. Bahkan saat ini ada penguatan tenaga pendidik di daerah ini, setelah adanya penambahan 68 orang guru P3K tahap pertama dan 248 orang pada tahap kedua.

"Setidaknya keterbatasan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan guru olahraga tingkat SD di daerah ini akan terbantu dengan adanya guru P3K ini," jelas Rafendi Yuzuar,

Ditempat terpisah, Ketua PGRI Solsel, Alsiswandri, M.Pd., berharap pada Pemkab Solsel hendak dapat meningkatkan kesejahteraan 1800 orang guru yang di Solsel.

Selain itu pihaknya sangat mengapresiasi Bupati H. Khairunas dan Wabup H. Yulian Efi, Ketua DPRD, Zigo Rolanda serta berbagai unsur lainnya yang sudah hadir pada puncak peringatan ulang tahun PGRI ke-76 dan HGN, saat dilaksanakan di Gor Rimbo Tangah Padang Aro, Kamis (25/11/2021) kemarin.

Salah seorang anggota PGRI Solsel Desrihendra, S.Pd., M.Pd., yang juga tercatat sebagai salah seorang dari 38 orang Kepala Sekolah Penggerak dari 230 orang Kepala Sekolah, TK, SD dan SMP di Solsel itu, turut memberi apresiasi atas perhatian yang sudah diberikan Pemkab. Solsel pada guru.

"Ke depan tentu, kita (guru) hendaknya dapat pula memberi kontribusi untuk melahirkan generasi pendidikan yang bermutu pada Pemerintah. Sehingga berbagai program unggulan Pemimpin saat ini akan dapat terealisasikan dan akan lahirlah generasi yang berkualitas untuk membangun negeri ini, " jelas Desrihendra yang juga Kepala SD Negeri 13 Bangko Bomas Koto Baru itu. Adv

Loading...

Komentar

Berita Terbaru