Wujudkan Pelayanan Prima, Ini Yang Dilakukan Nagari Pulakek Koto Baru

PEMERINTAHAN-151 hit

Muara Labuh, Setiap pemimpin dipastikan punya niat dan ambisi untuk mewujudkan program kerja yang sudah dirancang dan disepakati bersama lembaga pendukung lainnya, dan dapat memuaskan banyak pihak, terumama masyarakat yang di pimpin.

Demikian pula halnya yang ingin diwujudkan Pj. Wali Nagari Pulakek Koto Baru, Sungai Pagu, Solsel, Afrimon. M. Pd bersama perangakat Nagari. Dirinya sangat berkeinginan, berbagai pelayanan yang ada di nagari tersebut akan dapat memuaskan seluruh masyarakat," harap Afrimon

Semua keinginan tersebut tentu tidak akan bisa dikerjakan sendiri, akan tetapi sangat dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Mulai dari dukungan perangkat nagari, lembaga yang ada di nagari, serta yang tidak kalah penting dukungan dari masyarakat.

Baca Juga


Itu pula yang menjadi motivasi Pemerintahan Nagari Pulakek Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu untuk melakukan Study Kooperatif pada nagari yang sudah berhasil dalam melaksanakan berbagai program pembangunan nagari.

Adapun nagari yang menjadi sasaran untuk kaji banding dan sekaligus sebagai sarana tempat belajar dari berbagai perlaksanaan kegiatan yang dilaksanakan, adalah Nagari Pasia Laweh di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam.

Meski wilayah ini belumlah begitu dikenal namanya, namun kearifan lokal, penduduk yang ramah dan alam hijau menjadikan nagari ini berpotensi sebagai daerah wisata yang layak dikunjungi. Serta keterlibatan ninik mamak dalam melahirkan berbagai regulasi di nagari.

Disana, rombongan disambut lansung Wali Nagari Pasia Lawe, Inyiak Zul Arifin Dt. Perpatiah, S. Sos. M. M, Pebisnis Nasional asal Pasia Lawe, Amiruddin Dt. Mareko dan bersamaan dengan kunjungan Pengelolah dan dosen Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, LPPN Padang.

" Kita sengaja memboyong perangkat nagari dan PKK Nagari untuk kaji banding ke nagari tersebut dalam rangka mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik nantinya, " harap Afrimon didampingi Sekretaris Nagari Tabrani, Selasa (23/11/2021).

Kedepan, Afrimon dan perangkat nagari akan mencari celah berbagai keberhasilan yang telah dilaksanakan di Nagari Pasia Lawe tersebut akan dilaksanakan di Nagari Pulakek.

Terutama yang berkaitan dengan sistem pemerintahan yang baik, sistem pengelolaan Keuangan, pengelolaan pariwisata dan Bumnag. Terakhir yang tidak kala penting adalah cara perekrutan perangkat dan staf dengan jenjang karir.

Serta membangun kerjasama dengan Ninik Mamak, sebagai bentuk bagian dari tanggungjawab ninik mamak di nagari yang punya peran penting untuk terlibat secara lansung membangun Nagari, " harap Afrimon yang diamnini Sekna, Tabrani.

Artinya kedepan, masalah perangkat nagari akan ditempatkan sesuai keprofesional mereka. Sedangkan Ninik Mamak dalam nagari akan berperan lansung menjadi pendukung pembangunan nagari, melalui kesepakatan, dan bermuara lahirnya regulasi di Nagari, " jelas Afrimon.

Secara bertahap, semua kaji banding tersebut akan dilaksanakan di Nagari Pulakek. Hal tersebut tentu dengan kajian yang sangat dalam. Baik penyesuaian dengan kondisi di Nagari, termasuk yang tidak kala penting anggaran di Nagari, " demikian Afrimon.

Kata Kunci untuk nagari bisa maju adalah "hanguskan orang yang hanya suka mengkritik dan mari bersama dengan aktif berpartisipasi dalam membangun Nagari," demikian Afrimon. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru