Berprestasi Itu Tidak Bisa Sendiri, Begitu Pesan Tim PKKS Sumbar di SMAN 5 Solsel

PENDIDIKAN-249 hit

Padang Aro, Tim Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Provinsi Sumbar melakukan kunjungan dan sekaligus melaksanakan serangkaian kegiatan penilaian di SMA Negeri 5 Solok Selatan.

Kehadiran tim penilai PKKS Disdik Provinsi Sumbar melalui KCD yang terdiri dari, Arlison Sembiring, S. Pd (penilai 1), Sarman. M. Pd (penilai 2) dan Leni Murni Hayati, M. Pd. Kons di sekolah yang dipimpin Zulieni, S. Pd. MM tersebut adalah dalam rangka mengukur dan menilai keberhasilan atau kegagalan sebuah program, serta mengukur dan menilai dampak dari pencapaian program PKKS.

" Pelaksanaan PKKS ini adalah kegiatan rutin, dalam rangka evaluasi pelaksanaan berbagai program dan kegiatan yang dilakukan Kepala Sekolah bersama seluruh elemen pendukung yang ada di setiap sekolah tersebut, " kata Arlison Sembiring didampingi, Leni Murni Hayati dan Sarman disela-sela pelaksanaan penilai di SMA Negeri 5 Solsel, Sabtu (20/11/2021).

Sesuai dengan tupoksi dan yang menjadi patokan penilaian, setidaknya ada lima kopetensi yang akan di evaluasi tim dan menjadi bagaian yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah yang dilakukan kroscek lapangan," tambah Arlison Sembiring.

Lima kompetensi yang dilihat atau di evaluasi oleh tim tersebut diantaranya, kompetensi manajerial, kompetensi sosial, kopetensi kepribadian dan kompetensi 8 standar pendidikan.

" Lima kopentensi tersebut harus dilaksanakan oleh kepala sekolah bersama kompenen pendukung sekolah lainnya, dan inilah yang tengah kami evaluasi, " tambahnya.

Secara pasti penilaian inj adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan terhadap kepala sekolah. Artinya penilaian ini, selain akan disampaikan ke pimpinan di Provinsi untuk bahan kajian dalam mengambil kebijakan, juga akan menjadi tugas tindak lanjut oleh pengawas pembina SMA ini, untuk melakukan pembinaan dan pembimbingan berikutnya, " tambah Arlison Sembiring.

Meski demikian pada intinya kegiatan penilaian ini adalah bagian dari bentuk pembinaan, pembimbingan bagi kepala sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, komite sekolah dan termasuk satpam di sekolah ini, " jelasnya.

Arlison Sembiring juga mengajak seluruh unsur di sekolah dan berbagai pihak lainnya diharapkan dapat memberikan dukungan untuk berbagai program yang dilaksanakan Kepala Sekolah, terutama dalam rangka melahirkan generasi pendidikan yang berkualitas dan bermutu di daerah ini.

Ditambahkan, Leni Murni Hayati, M. Pd. Kons yang juga selaku pengawas pembina di SMA Negeri 5 Solsel, SMA Negeri 9 Solsel dan SMA Negeri 10 Solsel, bahwa kepala sekolah diharapkan mampu bekerjasama, berkabolorasi dalam melaksanakan tugas.

" Untuk bisa sukses dan berhasil tersebut, dipastikan tidak akan bisa sendiri. Akan tetapi perlu kerjasama dan berkabolorasi, serta perlu dukungan berbagai pihak, " jelas Leni Murni Hayati.

Dengan kata kunci, seluruh kepala sekolah, guru dan warga sekolah hendaknya mampu membangun keharmonisan, sehingga akan lahirlah kesuksesan, " demikian Leni Murni Hayati.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 5 Solsel, Zulieni, M. Pd mengatakan, " benar hari ini ada kunjungan tim penilai PKKS, dan ada juga tadinya kegiatan tes simulasi mengajar dan wawancara calon kepala sekolah penggerak yang kami lakukan, " katanya.

Turut hadir mengikuti dua kegiatan di sekolah tersebut, Komite Sekolah, seluruh waka sekolah, majelis guru dan tata usaha sekolah. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru