Peringati Hari Pahlawan, HPI Ajak Pemuda Jadi Inspirator Generasi Bangsa

PERISTIWA-142 hit

Jakarta - Hari ini tepat pada tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan, namun sudahkah kita semua memahami makna "Pahlawan" secara etimologi dan terminologi? Ataukah kita hanya memaknai kata pahlawan sebagai orang-orang yang berperang melawan penjajah dulu.

Pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini, dengan mengusung tema "Pahlawanku Inspirasiku", Yayasan Harapan Pemuda Indonesia (HPI) mengajak kepada seluruh para pemuda-pemudi Indonesia agar bisa menjadi Inspirator bagi generasi selanjutnya, dengan terus melahirkan sebuah gagasan diiringi dengan kontribusi karya nyata.

"Pemuda itu bukan hanya melahirkan gagasan atau memikirkan persoalan, melainkan mengupayakan perubahan, bukan soal urunan angan-angan tapi kontribusi karya nyata." Tegas Founder Yayasan HPI Laila Nihayati di Jakarta, Rabu (10/11/2021)

Baca Juga


Menurut Laila, eksistensi seorang pemuda-pemudi jika tidak diiringi dengan kontribusi, kolaborasi serta karya yang nyata itu hal yang sia-sia.

"Untuk apa eksistensi kalau tidak ada kontribusi? Kolaborasi dan karya nyata adalah fakta anak bangsa kedepan!." tambah perempuan yang akrab disapa ka Laila ini.

Lebih lanjut ia mengatakan makna pahlawan itu berlaku kepada masing-masing pribadi sebagai sarana membawa diri menuju kemerdekaan sejati. "Tanpa kita sadari bahwa di setiap pribadi kita masing-masing memiliki karakter pahlawan, yaitu karakter untuk membawa diri menuju sebuah kemerdekaan sejati," sambungnya.

Menurut Laila, Kemerdekaan itu bukan hanya sekedar bebas dari penjajahan kemudian mendeklarasikan diri "merdeka", tapi kemerdekaan adalah kebebasan untuk mau dan berani menentukan sendiri kehidupannya. "Menentukan sendiri kehidupan itu bermula dari keberanian untuk menggunakan pikiran dengan benar," pungkasnya.

Harapan Pemuda Indonesia adalah lembaga independent yang fokus terhadap pemuda Indonesia, bertujuan menyiapkan dan memberdayakan potensi sumber daya pemuda Indonesia yang unggul, berkarakter dan religius berbasiskan pengetahuan serta awareness terhadap keberagaman, kebhinekaan, dan penuh toleransi untuk memimpin Indonesia di masa depan dalam segala sendi berkehidupan.

Setiap tahun HPI menggelar Festival Pemuda dimana pemuda dari 34 provinsi berkumpul bertukar ide dan gagasan. Tujuannya adalah menjadi jembatan untuk kembali mempererat perdamaian dan cinta akan budaya Indonesia. Mereka akan mempresentasikan project membangun daerahnya masing-masing, tidak hanya rencana tapi juga mengimplementasikannya secara nyata dan konkret. Tahun 2022 HPI berkomitmen untuk dapat melanjutkan program ini di Pulau Sumatera sebagai _followup_ dari silaturahmi akbar sebelumnya.(R/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru