Polres dan Pemko Padang Panjang Pastikan Keamanan Pelaksanaan MTQ

PEMERINTAHAN-157 hit

PADANG PANJANG - Menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang Panjang, Polres dan Pemko pastikan keamanan pelaksanaannya.

Hal ini disampaikan, Waka Polres, Kompol Alvira, SH, saat rapat keamanan MTQ, Senin (8/11) di Aula Mapolres. Rapat juga dihadiri Kabag Ops, AKP Simamora, Kepala Satpol PP Damkar, Drs. Alber Dwitra, MM, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Arkes Refagus, S.Sos, dan perwakilan TNI.

Alvira mengatakan, untuk menjamin kegiatan pengamanan dan angkutan selama gelaran MTQ ini, diawali dengan tahap persiapan.

Baca Juga


"Hari ini kita melakukan pengecekan kesiapan personil yang akan ditugaskan di setiap lokasi. Serta pengecekan terhadap sarana yang kita gunakan dan juga mengecek lokasi yang akan dipergunakan selama MTQ. Baik lokasi perlombaan dan juga penginapan," jelasnya.

Dikatakannya, lebih kurang 200 personil gabungan akan diturunkan dalam proses pengamanan pelaksanaan MTQ tersebut.

Ia meminta persiapan pengamanan MTQ ini dimulai dari pengawalan kedatangan kontingen daerah, pengamanan pelaksanaan administrasi kafilah, pelantikan dewan hakim, pembukaan MTQ, pelaksanaan lomba, dan sampai penutupan.

Untuk memaksimalkan pengamanan, Alvira mengatakan, butuh koordinasi yang baik semua pihak baik Polri, TNI maupun OPD terkait.

"Koordinasi dari semua pihak terkait sangat penting. Baik itu terkait pengamanan di lokasi pelaksanaan, lokasi penginapan, transportasi, dan sampai dengan parkir. Sebisa mungkin tidak ada komplain dari kontingen," jelasnya.

Untuk pengamanan ini, Alvira berharap seluruh masyarakat Padang Panjang bisa ikut terlibat aktif untuk menjaga keamanan di lokasi masing-masing, menghormati setiap tamu yang datang. Sehingga Padang Panjang benar-benar siap mengamankan dan menyelenggarakan MTQ.

Sementara itu, untuk persiapan transportasi yang akan dipergunakan selama gelaran MTQ, Arkes mengatakan, Pemko sudah menyiapkan sebanyak 58 kendaraan yang akan dipergunakan sebagai angkutan dewan hakim, announcer, IT dan operator.

"Sebanyak 58 kendaraan ini terdiri dari bus roda enam, mobil pribadi, dan juga mobil orerasional Pemko. Semua kendaraan ini akan kita lakukan uji kelayakan sebelum dipergunakan," sebutnya.

Sebelum hari H, juga akan dilakukan apel persiapan bagi tim gabungan pada Kamis (11/11) mendatang. Serta melakukan pengecekan dan uji kelayakan transportasi yang dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan MTQ.

(dega/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru