Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Di Nagari Maninjau Dilakukan Secara Door To Door

KESEHATAN-301 hit

MANINJAU - Di Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam,sosialisasi tentang vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, dilakukan oleh pemerintahan Nagari setempat bersama bhabinkamtibmas secara door to door, Selasa (2/11).

Kegiatan sosialisasi itu diikuti oleh sejumlah perangkat nagari, wali jorong, TKSK, pendamping desa kecamatan, dan Satgas PPKM nagari.

Dalam pelaksanaannya, tim mendatangi satu persatu rumah penduduk untuk mendorong agar masyarakat ikut mensukseskan program vaksinasi Covid-19.

Baca Juga


Menurut Asrul Hidayat (Sekretaris Nagari Maninjau ) menjelaskan, pemerintahan nagari bersama kepolisian sengaja menggelar sosialisasi vaksinasi secara door to door karena dinilai efektif untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi covid -19, sehingga target kekebalan kelompok( herd immunity) segera tercapai, jelasnya.

"Sosialisasi secara door to door ini bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui lebih jelas tentang manfaat dan pentingnya vaksinasi Covid-19. Sebab program vaksinasi saat ini tengah digencarkan oleh pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi Covid-19," jelas Asrul Hidayat didampingi Koordinator TKSK Agam, Miswardi kepada awak media .

Asrul Hidayat juga mengatakan, selain melakukan sosialisasi dan edukasi, tim Satgas bersama bhabinkamtibmas juga melakukan pendataan terhadap masyarakat Nagari Maninjau yang sudah dan belum mengikuti vaksinasi, baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Hal itu dilakukan agar persentase capaian vaksinasi di Nagari Maninjau bisa diketahui secara jelas.

Lebih lanjut Asrul Hidayat menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi massal dijadwalkan akan berlangsung pada Sabtu, 6 November di kantor Walinagari Maninjau. Di tergetkan 600 orang ditargetkan bisa mendapat dosis vaksin pertama maupun kedua dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi itu.

"Mudah-mudahan target 600 orang itu bisa tercapai sehingga herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat dapat lebih meningkat," harapnya.

Sementara Bhabinkamtibmas Nagari Maninjau, Bripka Heriyanto menjelaskan, , capaian vaksinasi di Nagari Maninjau saat ini masih terbilang cukup rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya persentase vaksinasi dikarenakan masih ada masyarakat yang termakan berita hoax soal vaksin yang banyak beredar di media sosial.

Kendati begitu, ia meminta masyarakat untuk lebih bijak dalam bersosial media agar tidak terpengaruh dengan berita hoax.

"Jangan percaya dengan berita-berita hoax soal vaksin yang marak beredar di media sosial itu. Vaksin yang diberikan pemerintah adalah vaksin terbaik yang telah melalui uji klinis secara ketat sehingga terjamin kualitas dan keamanannya," kata Bripka Heriyanto.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat yang menjadi target sasaran penerima vaksin untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 sebelum kebijakan vaksinasi berbayar diterapkan,ingatnya.

"Mumpung masih gratis, mari kita sukseskan program vaksinasi terlindungi dari paparan Covid-19," ungkapnya.

Sementara Camat Tanjung Raya Handria Asmi meng-apresiasi terhadap Pemerintah Nagari Maninjau dan bhabinkamtibmas yang telah turun ke lapangan mendorong masyarakat untuk mensukseskan program vaksinasi.

Menurut Handria, program terobosan baru itu diharapkan dapat memaksimalkan capaian vaksinasi di Agam sehingga mampu meningkatkan cakupan persentase di tingkat daerah.

"Kita dari Satgas Covid-19 kecamatan bersama Polsek, puskesmas, dan nagari selalu mencoba terobosan baru untuk mengajak masyarakat melakukan vaksinasi. Salah satunya adalah dengan cara sosialisasi secara door to door agar masyarakat itu lebih paham tentang manfaat dan tujuan program vaksinasi," jelasnya.

( Yusrizal).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru