Pemko Payakumbuh Pacu Peningkatan Herd Immunity Melalui Gebyar Sumdarsin Tahap Kedua

KESEHATAN-218 hit

PAYAKUMBUH - Pemko Payakumbuh kembali mengajak masyarakat Kota Payakumbuh yang belum divaksin untuk datang pada kegiatan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) tahap ke dua pada Rabu (03/11), karena gebyar tahap dua ini juga bermandikan doorprize menarik.

Menurut Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, untuk pelaksanaan Sumdarsin tahap dua itu, sama dengan yang dilaksanakan pada 30/10 lalu, tetap dipusatkan di GOR M. Yamin Kubu Gadang dan juga dilaksanakan di Lima Kecamatan lainnya.

"Untuk tahap dua ini kita targetkan 4.200 orang, yang terdiri dari masyarakat umum, pelajar dan lansia yang ada di Kota Payakumbuh," kata Wako Riza Falepi kepada media usai Rakor di Balai Kota, Selasa (02/11).

Baca Juga


Selain itu untuk percepatan vaksinasi ini, Riza meminta kepada seluruh lurah untuk melakukan sensus kepada masyarakat yang ada di kelurahannya, supaya diketahui apa alasan dan keluhan dari masyarakat terkait vaksinasi tersebut.

"Tujuannya supaya kita bisa mengetahui apa alasan masyarakat kita kenapa tidak mau divaksin. Dengan demikian kita bisa mencarikan jalan keluarnya, kalau perlu kita berikan penyuluhan kepada masyarakat yang tidak mau divaksin ini akan pentingnya dampak setelah divaksin ini," ujar Wako.

"Dan bagi masyarakat yang bersedia untuk divaksin segerah arahkan kelokasi vaksinasi terdekat. Kita juga menyiapkan transportasi bagi yang kesulitan menjangkau lokasi vaksin. Selain itu tim vaksinator kita juga siap kapan pun masyarakat kita mau divaksin, tinggal lapor. Mudah-mudahan dengan ini capaian vaksinasi kita semakin produktif dan segera mencapai target," tukuknya.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, menjelaskan, untuk pembagian lokasi Sumdarsin tahap dua besok akan tersebar dibeberapa titik untuk Kecamatan Payakumbuh Timur dipusatkan Di GOR M. Yamin, Kecamatan Payakumbuh Barat di 3 Kelurahan yaitu Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo, Kelurahan Talang, dan Kelurahan Padang Data Tanah Mati.

Sedangkan untuk Kecamatan Latina di Kantor Camatnya, Kecamatan Payakumbuh Utara di kantor Camatnya dan Kecamatan Payakumbuh Selatan di Puskesmas Padang Karambia dan Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang.

Sementara untuk vaksinasi di sekolah ada beberapa sekolah yang bergabung ke lokus terdekat untuk melakukan vaksin seperti SMA PGRI bergabung ke Kecamatan Latina, SMA 5 ke Puskesmas Padang Karambia, SMA RJ dan SMK Kosgoro 2 bergabung ke SMA 3 Payakumbuh dan SMA Nusantara bergabung ke Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo, jelas Rida.

"Selain SMK 1 dan SMA 4 Payakumbuh dilaksanakan di sekolah masing-masing, karena dua sekolah ini vaksinasinya dilaksanakan Kamis (04/11)," ucapnya.

"Kita juga mengharapkan para siswa ini juga bisa membawa orang tua ataupun tetangganya yang belum di vaksin," tambah sekda.

Sementara itu Kapolres Payakumbuh Alex Prawira mengatakan dengan pelaksanaan Sumdarsin yang dilakukan serentak di seluruh Sumatera Barat (Sumbar), bisa mendongkrak posisis Sumbar dari posisi 31 ke posisi 25. Karena pada Sumdarsin 30/10 lalu, 131ribu warga Sumbar menerima vaksin.

"Makanya sesuai arahan Gubernur, Kapolda da Danrem 032 Wira Braja Sumdarsin ini akan dilaksanakan sebanyak 5 kali, dengan harapan akhir November ini Sumbar bisa masuk 10 besar," katanya.

Kapolres juga mengharapkan untuk capaian vaksinasi dosis satu dan dosis duanya juga harus seimbang, dan diminta peran aktif semua pihak yang terlibat agar bisa menggenjot capaian vaksinasi dosis duanya.

"Jadi kita juga harus terus mengajak masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi dosis duanya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," pungkasnya.

( Yusrizal).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru