Ditutupi Semak Belukar, Gubernur Sumbar Berjanji Buka Akses Jalan Sijunjung-Tanah Datar

PEMERINTAHAN-1043 hit

SIJUNJUNG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi meminta pembukaan Jalan Unggan Sijunjung menuju Lintau Kabupaten Tanah Datar segera dibuka pada tahun 2022.

"Jalan ini sudah pernah dibuka pada masa Gubernur Azwar Anas. Namun kemudian karena tidak dilakukan pengerasan dan pengaspalan maka tertutup semak belukar. Kita buka lagi akses jalan ini," katanya di Sijunjung, Jumat (29/10/2021).

Menurutnya, jalan tersebut cukup dibuka dulu menggunakan alat berat hingga bisa dilewati masyarakat. Dengan sering dilewati, kontur jalan akan mengeras. Setelah itu baru dilakukan pengaspalan.

Baca Juga


Mahyeldi menyebut, akses jalan adalah urat nadi perekonomian yang akan mendukung kesejahteraan rakyat karena itu harus menjadi prioritas.

"Dengan adanya jalan ini maka akan ada jual beli produk hasil pertanian dan kerajinan sehingga menggerakkan ekonomi masyarakat dua daerah," katanya.

Apalagi daerah Sumpur Kudus adalah salah satu basis perjuangan pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang menjadi tonggak penyambung kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat agresi Belanda II.

"Pemerintah tentu tidak akan mengingkari sejarah. Daerah basis PDRI akan mendapatkan perhatian," ujarnya.

Wali Nagari Sumpur Kudus Selatan, Khairul Basri, mengatakan, pada tahun 2001-2003 jalan itu masih digunakan masyarakat menggunakan sepeda motor.

Bahkan ada satu jembatan di ruas jalan itu yang saat itu masih bisa dilewati, namun sekarang kondisinya sudah rusak. Ia berharap akses jalan itu bisa kembali dibuka dan dimanfaatkan masyarakat.

Ikut hadir dalam peninjauan jalan itu pejabat Dinas PUPR, Kepala Dinas Kehutanan dan Wali Nagari setempat. (BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru