ANBK SD Negeri 20 Sungai Rambutan Solsel Dilaksanakan Mandiri

PENDIDIKAN-311 hit

Pakan Rabaa, Murid di Sekolah Dasar (SD) Negeri 20 Sungai Rambutan Kecamatan KPGD melaksanakan uji coba atau gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara mandiri disekolah setempat.

Kegiatan ANBK untuk pertamakalinya dilaksanakan bagi seluruh Sekolah Dasar yang ada di Indonesia tersebut, di sekolah yang terletak di pinggiran itu sejak Rabu (27/10/2021) hingga Kamis (28/10/2021) sebanyak 20 orang murid kelas V sekolah yang termasuk gelombang 2 telah melaksanakan gladi bersih.

" Murid di sekolah kita yang sejak Rabu lalu sudah memulai pelaksanaan ujicoba ANBK di sekolah, dengan mempergunakan perangkat laptop milik sekolah, " kata Kepala SDN 20 Sungai Rambutan, Kasniati. M. Pd usai upacara Sumpah Pemuda disekolah itu, Kamis (28/10/2021).

Artinya kita optimis mandiri melaksanakan ANBK di sekolah, karena didukung dengan adanya Sumberdaya Manusia (SDM) untuk ptotor dan tenaga pendidik yang siap mendukung pelaksanaannya.

Meski sekolah hanya punya laptop sebanyak 4 unit untuk memenuhi pelaksanaan ANBK bagi 20 murid. Sekolah terpaksa meminjam perangkap laptop milik guru untuk empat sesi pelaksanaan ANB, " jelasnya

Pelaksanaan ujian selama dua hari tersebut, masing-masing sesi di ikuti oleh enam orang murid. Sedangkan materi ujian dihari pertama adalah ujian Literasi dan pada hari kedua ujian Numerasi.

Kegiatan gladi bersih ANBK tersebut, dipantau langsung oleh Tim Teknis ANBK Kabupaten Solok Selatan, Agre Ilham Ramadhani, S. Pd. yang betugas memantau pelaksanaan kegiatan berjalan lancar.

" Sebaiknya sekolah ini mencari alternatif tempat pelaksanaan yang aman dari masalah jaringan, sehingga pada pelaksanaan ANBK nanti pada bulan November tidak merugikan siswa, " harap Agre Ilham Ramadhani saat meninjau gladi bersih ANBK di SD N 20 Sungai Rambutan, Kamis (28/10/2021)

Persoalan jaringan memang menjadi kendala utama untuk pelaksanaan ANBK secara online, termasuk yang menjadi kendala adalah perangkatnya, " tambahnya.

Dijelaskan Agre, dari pantauan pelaksanaan gladi bersih ANBK Sekolah Dasar untuk dua kecamatan di Sungai Pagu dan KPGD. Dikecamatan Sungai Pagu, hampir semua sekolah yang melaksanakan ANBK dengan menumpang ke beberapa sekolah seperti ke SMP, SMA dan ke SMK.

Hanya satu sekolah yang melaksanakan secara mandiri yaitu SDIT Marhamah yang berlokasi di Batang Labuh Muara Labuh.

Beda dengan kegiatan Tm di Kecamatan KPGD, semua sekolah melaksanakan ANBK secara mandiri, kecuali SD Negeri 09 Sungai Pangkur, " katanya.

Pada umumnya pelaksanaan ANBK secara online untuk pertamakalinya dilaksanakan bagi seluruh Sekolah Dasar yang ada di Indonesia, di Solok Selatan hanya beberapa wilayah saja yang masalah jaringan, diantaranya di daerah Sangir Batang Hari, seperti di seluruh wilayah Lubuk Ulang Aling," tambahnya.

Kedepan pelaksanaan ANBK pada bulan November nanti, diharapkan pelaksanaannya akan berjalan lancar dan terhindar dari masalah jaringan dan gangguan listrik," harap Agre. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru