Nominasi Terbaik di Sumbar, Posyandu Anggrek Ungu Padang Panjang Dinilai Tim Provinsi

PEMERINTAHAN-354 hit

Penulis: cigus/lex | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Kader Posyandu Anggrek Ungu, Kelurahan Pasar Usang (Paus), Kecamatan Padang Panjang Barat dinilai Tim Kader Posyandu Berprestasi Provinsi Sumatera Barat, Selasa (26/10).

Penilaian tersebut berlangsung di Hall Lantai III Balai Kota, dipimpin Ketua TP-PKK Provinsi, Harneli Bahar Mahyeldi bersama Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov. Sumbar, Amasrul, SH bersama rombongan.

Ummy Harneli menyampaikan, sejakdi tetapkannya Posyandu Anggrek Ungu dalam nominasi lima besar beberapa bulan lalu, hari ini tim penilai mengunjungi dan menilai semua kelengakpan yang ada di posyandu ini.

Baca Juga


"Penilaian ini untuk mengetahui apakah sesuai dengan yang disampaikan beberapa bulan lalu. Baik itu aktivitas kader di posyandunya, manfaat posyandu yang dapat dinikmati masyarakat ada atau tidak, pengelolaan posyandu bagaimana dan sebagainya," katanya.

Selain itu, tambahnya, penilaian ini dilaksanakan guna menambah dan memberikan pengetahuan kepada para kader bagaimana pengelolaan posyandu dengan baik. Nanti para kader yang menang, akan diikutsertakan studi komperatif tingkat nasional.

Harneli menyebutkan, dalam penilaian ini yang paling dilihat yaitu ekpos dari kader. Eksposnya ini harus sesuai dengan yang tampak di lapangan. "Jangan nanti diekspos ada, di lapangan tidak ada. Tentu ini mengada-ada dan akan menjadi catatan bagi dewan juri," terangnya.

Saat ini yang terpenting bukan lombanya, sebutnya lagi, namun sasaran dari posyandu itu sendiri. Jangan hanya karena berlomba, gizi anak terpenuhi. Setelah lomba tidak diperhatikan lagi.

Sementara itu Wakil Wali Kota, Drs. Asrul menyampaikan, posyandu ini keberadaannya dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat dalam penyelenggaraan kesehatan. "Posyandu telah berperan penting dalam memperluas dan mendekatkan akses pelayanan Keluarga Berencana (KB), serta terbukti mampu menjalankan fungsi mengendalikan pertumbuhan penduduk dan memelihara kesehatan reproduksi," ucap Asrul.

Ditambahkan Asrul, posyandu menjadi wadah mendorong ekonomi keluarga, dengan tujuan agar nantinya masyarakat dapat dengan mudah memperoleh hak-hak dasarnya, khususnya hak mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kami harap Posyandu Anggrek Ungu ini bisa menjadi yang terbaik dan mewakili Kota Padang Panjang untuk tingkat nasional nantinya," harapnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP berharap posyandu ini bisa menjadi contoh dan mendapatkan juara pertama tingkat Sumbar. "Padang Panjang berkomitmen untuk terus mengelola posyandu dengan baik lagi ke depannya," sebut Dokter Dian.

Penilaian ini turut dihadiri Kadis Sosial PPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si, Kadis Pangan dan Pertanian, Ade Nafrita Anas, SP, Wakil Ketua II TP-PKK, Sri Hidayani Sonny, camat, lurah dan pengurus PKK lainnya. (cigus/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru