Perkemahan Percontohan HUT Pramuka Ditutup Wagub Sumbar, Sawahlunto Sukses Sebagai Tuan Rumah

PERISTIWA-170 hit

SAWAHLUNTO - Peringatan Hari Pramuka ke 60 Tingkat Sumatera Barat tahun ini dipusatkan di Camping Ground Kandi, Sawahlunto, dengan menggelar perkemahan yang berlangsung selama lima hari dari tanggal 20 hingga 24 Oktober 2021. Ini merupakan kegiatan percontohan dan uji coba dimasa pandemi yang semakin melandai, namun penerapan protokol kesehatan secara ketat harus dilakukan tuan rumah.

Ketua kwarcab Pramuka Kota Sawahlunto H.Zohirin Sayuti, kepada beritaminang.com mengatakan, aktifitas perkemahan berjalan lancar dan sukses tanpa mengabaikan protokol kesehatan. Seperti setiap satu tenda hanya boleh diisi satu peserta dengan jarak sudah ditentukan pihak tuan rumah.

Sedangkan peserta atau kontingen setiap daerah hanya dibatasi dengan jumlah 15 orang per-daerah dan mereka tidak mendirikan dapur untuk memasak dipusat perkemahan karena makanan dan minuman disediakan oleh pengusaha catering yang juga harus menjalani PCR. Hal ini untuk mengurangi resiko terjadinya gejolak meluasnya kasus baru COVID-19 meski kondisi saat ini pandemi terus melandai.

"Sebagai tuan rumah kami sudah melakukan pengetatan terhadap protokol kesehatan. Setiap peserta sebelum pulang kedaerah masing-masing harus di test PCR. Jika hasilnya negatif mereka diperbolehkan pulang.Alhamdulillah selama pelaksanaan kegiatan kami tidak menemukan adanya peserta yang positif setelah di PCR." Ungkap Zohirin Sayuti.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang mengemukakan, Sawahlunto mampu menjadi tuan rumah perkemahan percontohan dimasa pandemi COVID-19 berkat disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, selain memastikan seluruh peserta telah di vaksin terlebih dahulu dan memastikan peserta telah melalui tes PCR yang dinyatakan negatif COVID-19.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi hadir diacara penutupan Sabtu kemarin. Dia menyerahkan piagam penghargaan dari Kwarnas kepada Ketua Majelis Pembimbing Kawrcab Sawahlunto Deri Asta, dan Satgas Pramuka Peduli COVID-19 Kwarcab Sawahlunto.

Audy mengapresiasi penyelenggaraan perkemahan berjalan baik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. "Alhamdulillah, semua berjalan baik dan ini menjadi percontohan dalam upaya memutus rantai penularan COVID-19 di Sumatera Barat.(Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru