Bangun Tradisi dan Budaya Daerah SMP Negeri 1 Solsel Gelar Ma Arak Bungo Lamang

PENDIDIKAN-786 hit

Muara Labuh -Warga SMP Negeri 1 Solok Selatan ambil bagian membangun tradisi dan budaya ' ma arak bungo lamang' serta mendukung pengenalan potensi wisata pada seluruh siswanya, pada momen peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW, 12 Rabiul Awal tahun 2021, Selasa (19/10/2021).

" Kita mencoba turut serta melestarikan tradisi ' ma arak bungo lamang di momentum peringatan hari kelahiran Rasullulah pada tahun ini, " jelas Kepala SMP Negeri 1 Solsel, Yuges Oktris, S. Pd didampingi Waka Kesiswaan, Mulyono, S. Pd usai kegiatan tersebut.

Pelaksanaan ' ma arak bungo lamang ' yang dibawah oleh lebih kurang 450 orang siswa tersebut dilepas oleh Sekdis Dsidikpora Solsel, Asniati. M. Pd di halaman sekolah.

Baca Juga


Sementara rute perjalanan siswa membawa bunga lamang tersebut diantaranya, depan Mapolsek Sungai Pagu, Depan RSUD Solsel.

Selanjutnya masuk ke kawasan Seribu Rumah Gadang di Nagari Koto Batu, dengan melewati Rumah Gadang Gajah Maram, Menara Songket dan lewat jembatan merah untuk seterusnya kembali finis di sekolah, " jelas Yuges.

Artinya melalui kegiatan ini, anak-anak akan mengenal cara membuat lemang yang disertai membuat hiasan bunga disetiap batang lemang tersebut dengan berisikan uang, mulai dari uang kertas lembaran, 1000, 2000 hingga uang lembaran 10000," jelasnya.

Sisi penting lainnya dari kegiatan ' ma arak bungo lamang ' yang melintasi kawasan Seribu Rumah Gadang tersebut, adalah sebagai bentuk dukungan dalam mengenalkan potensi objek wisata yang ada di daerah ini pada anak-anak.

Arak-arakan peserta membawa bunga lemang itu, juga mengikut sertakan group drumband sekolah serta tim qasidah yang terdiri dari guru-guru sekolah tersebut.

Serangkaian kegiatan itu adalah dalam rangka menyemarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes)," tambah Yuges.

Selanjutnya, Waka Humas, Rosmaneti, S. Pd didampingi Waka Kurikulum, Eka Jumatil, M. Pd, dan Pembina Osis Hasmiwat, S. Pd menambahkan, usai pelaksanaan ' ma arak bungo lamang ' dilanjutkan dengan kegiatan peringatan maulid dengan menghadirkan penceramah dari MUI Solsel, Syaiful Anwar.

Turut hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhamad, SAW di aula sekolah tersebut, Sekdis, Asniati, Camat Sungai Pagu, Rolly Almar, Komite Efrizal Efendi. Turut juga hadir beberapa orang pejabat Admintrasi dari UNP Padang, yang sedang memantau kegiatan mahasiswa Praktek Lapangan di Solsel. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru