Mobil Hemat Energi Mahasiswaa UNP Raih Prestasi di Ajang Internasional Shell Eco Marathon

TEKNO-638 hit

PADANG - Prestasti membanggakan diraih Pagaruyuang Team UNP pada tahun kedua keikutsertaan dalam ajang internasional SHELL ECO MARATHON. Team UNP berhasil menembus peringkat 96 dunia dan peringkat 34 untuk regional Asia Pacific and Middle East dengan raihan 769 poin dari total 235 kontestan ajang bergengsi mobil hemat energi tingkat dunia yang diadakan SHELL.

Mengusung tema 2050 zero emissions, Shell mengajak tim mobil hemat energi seluruh belahan dunia untuk berinovasi dalam mewujudkan kendaraan masa depan dengan desain dan efisiensi energy yang tinggi.

Pagaruyuang Team UNP terjun dalam kelas Urban Vehicles dengan kelas mesin Internal Combustion Engine (ICE) berbahan bakar solar. Pada tahun sebelumnya 2020, Pagaruyuang Team UNP juga sudah dinyatakan lolos sebagai kontestan SHELL ECO MARATHON ASIA (SEMA) di sirkuit Sepang Malaysia tapi karena merebaknya wabah Covid-19 pihak penyelenggara memutuskan untuk meniadakan perlombaan On-Track.

Untuk tahun 2021, Tim Pagaruyuang UNP kembali mencoba peruntungannya dan kembali dinyatakan lolos menjadi salah satu dari 80 Tim Finalis Regional Asia Pacific and Middle East.

Pada awalnya untuk pelaksanaan kompetisi 2021 pihak SHELL mencanangkan adanya lomba On-track dengan beberapa mini kompetisi jelang agenda On Track yang dijadwalkan pada akhir tahun 2021. Tapi momen bersejarah untuk mendarat di sirkuit Sepang Malaysia tahun 2021 kembali pupus untuk kedua kalinya setelah pihak SHELL menyatakan bahwa kembali meniadakan ajang On-Track dengan alasan pandemo Covid-19.

Surat keputusan SHELL dengan meniadakan ajang On-Track mengharuskan kompetisi dilakukan secara daring, dimana Pagaruyuang Team mengikuti serangkaian kompetisi virtual yang diadakan pihal SHELL, mulai dari pitch and future, SHELL Quiz, Off-Track Award dan Virtual Technical Inspection.

Dari serangkaian kompetisi yang diikuti, Pagaruyuang Team UNP berhasil menorehkan 769 point dan menorehkan peringkat 96 dunia dan peringkat 34 untuk regional Asia Pacific and Middle East. Capaian yang cukup menjanjikan mengingat pada tahun kedua keikutsertaan Pagaruyuang Team UNP di ajang SHELL ECO MARATHON sudah mampu masuk 96 besar dunia dan 34 pada regional Asia Pacific and Middle East.

Peringkat yang diperoleh Pagaruyuang Team UNP juga lebih baik dibanding Tim kenamaan tanah air lainnya seperti Tim Horas (USU), Ganteng Team (Institut Teknologi Medan), Bima Cakrawangsa (UNESA), Bengawan Team 2 (Universitas Sebelas Maret), Sriwijaya Eco Team (Universitas Sriwijaya), Khad Eco Team (UMY), Apatte 62 Team (Univesitas Brawijaya) yang mana beberapa dari tim tersebut sudah lebih dulu merasakan ketatnya kompetisi mobil hemat energi kelas dunia yang diadakan SHELL. Semoga ini menjadi awal yang baik bagi Pagaruyuang Team UNP kedepan. PAGARUYUANG TEAM UNP...!!!TAGOK...!!!PAGARUYUANG TEAM,,JUARA!!!! (WA/Humas UNP/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru