Sawahlunto Raih Peringkat I BKN Award 2021 Berkat Terapkan SAPK dan CAT

PEMERINTAHAN-532 hit

Penulis: Yud/Hm | Editor: Marjeni Rokcalva

SAWAHLUNTO - Badan Kepegawaian Negara (BKN) Sumatera Barat beri penilaian kepada Pemko Sawahlunto karena berhasil menerapkan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Computer Assisted Test (CAT) yang diterapkan dalam manajemen kepegawaian. Berkat prestasi itu, BKN menganugerahkan penghargaan sebagai Terbaik I "BKN Award 2021" kategori Pemerintah Kota Tipe C.

Penghargaan terbaik I itu diserahkan langsung Kepala BKN Bima Haria Wibisana kepada Walikota Sawahlunto Deri Asta, Senin (18/10/21) di Padang.

Menurut informasi yang diperoleh, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, BKN menetapkan 5 kategori penilaian BKN Award 2021, yakni: Perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun (kategori I); Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT (Kategori II); Penilaian kompetensi (Kategori III); Implementasi Penilaian Kinerja (Kategori IV); dan Komitmen pengawasan dan pengendalian (Kategori V).

Baca Juga


"Selamat kepada Kota Sawahlunto atas prestasi ini. Kami mendukung Sawahlunto untuk mempertahankan prestasi ini, yang tentu akan mendorong juga kepada peningkatan kualitas SDM dan manajemen kepegawaian," kata Bima Haria Wibisana.

Keberhasilan Pemko Sawahlunto dalam meraih 'BKN Award 2021' ini, dikatakan Walikota Sawahlunto Deri Asta menjadi bonus dari pengelolaan kinerja ASN di Sawahlunto. Penghargaan, sebut Walikota bukanlah target atau pun tujuan akhir, sebab dengan atau tanpa penghargaan kinerja ASN Sawahlunto tetap harus baik dan ditingkatkan.

"Dengan adanya penghargaan ini, kita berharap dapat dijaga oleh seluruh ASN Kota Sawahlunto dengan mempertahankan dan meningkatkan kinerja. Ini juga pemicu kita untuk lebih bersemangat dalam bekerja, mengabdi melayani masyarakat," kata Walikota Deri Asta.

Dalam kesempatan yang sama tersebut, Walikota Deri Asta menyampaikan apresiasi pada seluruh ASN di Pemko Sawahlunto. Kinerja ASN, sebut Walikota sangat menentukan bagaimana pergerakan Pemko, maka itu para ASN diharapkan dapat mengemban amanah dan menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing - masing dengan baik.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sawahlunto, Guspriadi, mengatakan BKN Award yang diberikan kepada Sawahlunto kali inierupakan penghargaan secara nasional untuk kategori kota kecil dalam pemanfaatan teknologi digital dalam pengurusan urusan kepegawaian dengan memakai Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK).

"Seperti urusan kenaikan pangkat dan urusan pensiun kita sudah memakai sistem digital kalau bahannya lengkap kita tinggal memasukkan kedalam sistem sehingga ASN tinggal menunggu hasilnya melalui sistem tersebut tanpa menunggu lama," kata Guspriadi.

Kemudian ditambahkan Guspriadi, bahwa dalam 2 tahun ini Pemko Sawahlunto sudah memanfaatkan CAT dalam rekrutment ASN dan P3K yang dilakukan secara mandiri di kota Sawahlunto.(Yud/Hm)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru