MAN 1 Solsel Terus Benahi Berbagai Fasiltas Guna Dukung Mutu Pendidikan Madrasah

PENDIDIKAN-215 hit

Muara labuh, Geliat pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Plus Keterampilan Solsel, tidak saja untuk kerjar target mutu pendidikan, akan tetapi juga untuk penataan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pendidikan di Madrasah yang terletak di Bariang Koto Baru.

Seperti pembangunan gerbang sekolah yang dimodifikasi sebagai tempat pajangan berbagai piala, piagam prestasi madrasah dan sebagai galeri untuk pajangan karya warga sekolah yang dibangun Komite Sekolah juga terus dikebut penyelesaiannya.

Selain itu, penataan lingkungan sekolah agar tetal asri dan nyaman bagi warga madrasah, maupun tamu lainnya, juga tidak kala penting dibenahi oleh Kepala MAN 1 Solsel, Zulkifli, S. Ag didampingi Waka Sapras, Sosriedi, SE. MM

Baca Juga


" Kita tetap melakukan inovasi terkait penataan madrasah, agar warga madrasah betah dan nyaman saat berada disini, apalagi, siswa, tentu mereka akan menjadi lebih bersemangat ke sekolah dan lebih giat belajar disekolah, " harap Zulkifli di sela-sela pemantauan pekerjaan pemotongan rumput di madrasah tersebut, Kamis (14/10/2021).

Selain itu, pihak madrasah juga telah memamfaatkan beberapa lahan kosong yang ada di madrasah tersebut dengan menanam berbagai tanaman. Bahkan berbagai sarana olahraga dan untuk kegiatan juga ditata sedemikian rupa.

Bahkan pihak madrasah saat ini juga tengah mempersiapkan lokasi untuk praktek mengelas, dalam rangka mendukung kegiatan ekstrakurikuler siswa, khususnya bagi siswa yang berbakat atau yang punyai keinginan punya keahlian menglas, " jelas Zulkifli.

Semua itu, adalah bagian dari upaya membangun mutu pendidikan. " Prestasi dan mutu pendidikan tidak semata melalui kegiatan pembelajaran tatap muka antara guru dan murid, akan tetapi lingkungan dan sarana dilingkungan madrasah yang bisa dimamfaatkan oleh siswa juga bagian terpenting dari pembangunan pendidikan, terutama untuk pembamgunan pendidikan karakter siswa, " jelas Zulkifli.

Harapannya, lulusan MAN 1 Solsel nanti tidak saja menguasai ilmu tekonologi dan agama, akan tetapi juga terampil sesuai dengan bakat mereka masing-masing.

Artinya, lulusan MAN ini nantinya, juga sudah punya keterampilan bidang tata rias, multi media sesuai dengan program pembelajaran Plus Keterampilan yang ada di MAN tersebut.

Bahkan, untuk tata rias, siswa madrasah ini sudah bisa melakukan praktik memotong rambut, tata kecantikan, dan pelaksanaan praktek multi media dengan kegiatan kegiatan membuat karangan bunga, dan disein grafis.

Hebatnya proses pembelajaran khusus untuk plus keterampilan MAN 1 Solsel ini, untuk Multi Media dan Tata Rias, menurut Zulkifli dalam kegiatannya, bagi siswa ini 80 % praktek, dan 20 % teori. Jadi siswa belajar teori bersamaan saat kegiatan praktek, sehingga lebih banyak jam belajar praktek dari pada teori, " jelasnya.

Bahkan yang tidak kalah penting adalah lulusan madrasah ini nanti diharapkan sudah punya keahlian untuk menglas. Artinya mereka sudah bisa berkerja ditempat bengkel las atau bekerja secara mandiri dengan membuka bengkel las, sendiri, " tambah Zulkifli

" Selagi kita punya lahan yang luas, semuanya akan dimamfaatkan untuk kepentingan mendukung pendidikan di madrasah ini " demikian Zulkifli. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru