Tinjau Lokasi Banjir, Wako Padang Panjang Salurkan Bantuan ke Warga

PERISTIWA-134 hit

PADANG PANJANG - Hujan deras yang mengguyur Kota Padang Panjang, Rabu (13/10), dari siang hingga sore hari, membuat sejumlah titik kawasan di Kota Padang Panjang terendam banjir.

Hujan yang mengguyur Kota Serambi Mekkah selama kurang lebih 4 jam itu, membuat beberapa ruas jalan tergenang banjir. Tak hanya di ruas jalan, air hujan ini juga masuk ke rumah warga yang berada di beberapa lokasi.

Menindaklanjuti kondisi tersebut, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP, M.Si dan Kepala Dinas Sosial PPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si serta personel Tagana, selepas magrib langsung turun ke lapangan guna mengunjungi beberapa rumah warga yang terkena banjir.

Baca Juga


Tak hanya berkunjung, wali kota muda itu juga membagikan bantuan berupa paket sembako dan perangkat alat tidur kepada warga yang terdampak banjir di dua tempat berbeda. Yaitu di RT 7 Kelurahan Balai-Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat dan RT 6 Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur.

Selain itu , dirinya juga menyempatkan untuk mendengarkan keluhan dan kendala masyarakat selama banjir. Fadly juga memastikan kebutuhan serta kehidupan masyarakat sekitar tetap bisa berjalan seperti biasa.

"Bantuan yang disalurkan kepada warga, lengkap tujuh item. Yaitu pakaian, selimut, pangan, kompor, makan malam dan bantuan lainnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita yang terdampak ini," ucapnya kepada Kominfo.

Fadly mengatakan, dari laporan yang didapatnya, beberapa titik banjir di Kota Padang Panjang itu terjadi karena intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Untuk itu, Fadly mengimbau untuk melakukan upaya antisipasi pencegahan sedini mungkin.

"Cuaca ekstrem serupa ini, tidak hanya di Padang Panjang tetapi di Sumatera Barat, bahkan di Indonesia. Sekarang ini memang sangat rawan. Untuk itu, mari kita jaga betul lingkungan di sekitar. Kami dari pemerintah juga akan mencari langkah-langkah preventif supaya keadaan seperti ini tidak terulang lagi," ungkapnya.

Di samping itu, Fadly juga mengimbau kepada masyarakat yang merasa rumahnya terdampak akibat banjir ini, dapat segera melapor ke pihak RT. Dari RT nanti akan melaporkan ke kelurahan yang akan meneruskan ke Dinas Sosial PPKBPPPA untuk diberikan bantuan.

"Nanti di Dinas Sosial akan dilihat, apa kiranya yang perlu dibantu. Kalau nanti memang layak untuk dibantu, maka akan dibantu Dinas Sosial dan juga BPBD Kesbangpol," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua RT 7, Kelurahan Balai -- Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat, Salma Yetti mengapresiasi langkah-langkah siap tanggap yang telah dilakukan Pemko Padang Panjang dalam menangani kondisi sekaligus mengunjungi warganya yang terkena banjir ini.

"Seluruh OPD terkait sangat respon terkait hal ini. Mewakili masyarakat, saya ucapkan terima kasih kepada Pemko yang telah menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak banjir ini. Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita ini," tuturnya.

Sementara itu, selain di dua lokasi tersebut, Dinas Sosial dan BPBD Kesbangpol juga menyalurkan bantuan ke Jambu, Kelurahan Ekor Lubuk dan Lambah, Kelurahan Ganting.

Sampai berita ini diturunkan, dua OPD ini masih mengupayakan bantuan yang sama untuk sejumlah lokasi lainnya, seperti di Kelurahan Pasar Baru. (rifki/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru