Tarik Wisatawan, Komunitas Kuliner Pessel Gelar Event Pasar Kuliner Setiap Rabu

KULINER-314 hit

PAINAN - Wisata kuliner merupakan salah satu daya tarik bagi pengunjung ketika mendatangi kawasan wisata. Melihat potensi tersebut, Komunitas Kuliner Pesisir Selatan (Pessel) mengadakan event kuliner dengan tema "Pasisia Night Culinary" setiap hari Rabu di Taman Sipora Painan.

Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan kuliner Pessel dan juga untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha kuliner yang ada. Sebab, dampak yang dirasakan sangat besar dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat .

Ketua Komunitas Kuliner, Erviela Desarta, S.Sn., Senin (11/10) mengungkapkan, kegiatan Kuliner malam ini sudah ke 3 kali diadakan. Awalnya di depan rumah dinas Bupati dan sekarang di Taman Kota. Dimana pada kegiatan ini selain untuk menambah daya tarik kota Painan untuk wisatawan agar bisa berkunjung dan menginap di Pessel juga meningkatkan pendapatan pelaku usaha kuliner Pessel.

Baca Juga


"Pada kegiatan ini pengunjung juga disuguhi makanan khas Pessel juga hiburan musik. Alhamdulilah selama kegiatan pendapatan pelaku usaha meningkat penjualannya," ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Hadi Susilo mengparesiasi gebrakan yang telah dibuat oleh Komunitas Kuliner Pessel dengan membuat event kuliner setiap Minggunya dari sore hingga Malam. Ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung dan menginap di Pessel.

Menurutnya, kunjungan wisatawan setiap tahun selalu meningkat, namun selama ini wisatawan hanya disuguhi makanan biasa, padahal potensi banyak yang bisa diolah menjadi aneka makanan.

Kemasan makanan yang disajikan kepada wisatawan tidak terlihat cantik. Padahal jika dikemas lebih baik menambah daya tarik dan meningkatkan harga makanan.

"Dinas selalu memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha kuliner dengan tujuan agar mampu meningkatkan ekonomi dengan meningkatnya penjualan," ujarnya

Hadi menerangkan salah makanan khas Pessel adalah rendang lokan ,gulai ikan karang, gulai pisang, dan lainnya yang mwrupakan makanan khas dari Pesisir Selatan.

"Karena itu kita mengajak seluruh masyarakat, pelaku usaha kuliner di Pessel ikut mempromosikan keberadaan wisata kuliner, dengan produk pangan lokal yang ada di wilayanya.Banyak kuliner khas Pessel seperti pinungkuk, palai, rendang lokan, dan lainnya," ujarnya

Selain Pariwisata, kuliner Pessel mempunyai daya tarik tersendiri, karena ada wisata kuliner yang khas disetiap daerahnya untuk itu perlulah didukung bersama promosi sehingga dikenal luas.

Menurutnya, ribuaan wisatawan berkunjung ke Pessel dan mereka pasti akan menghabiskan uangnya untuk belanja, oleh sebab itu perlu inovasi dari pelaku usaha dalam meningkatkan daya jual mereka dengan rasa dan harga yang sesuai.

"Sedangkan upaya pemerintah Daerah Kabupaten Pessel dalam mengenalkan pariwisata di Pessel termasuk promosi kuliner terus dilakukan, baik melalui promosi media masa, event pariwisata maupun event perlombaan. Karena itu masyarakat dan pelaku usaha kecil juga penting ikut mempromosikan pariwisata," ujarnya. (RND/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru