Sekolah Dasar Gugus II Kecamata KPGD Solsel Tuntas Melaksanakan Sosialisasi ANBK

PENDIDIKAN-503 hit

Pakan Rabaa - Kepala sekolah dan guru Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Koto Parik Dadang Diateh (KPGD) , telah melaksanakan kegiatan sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK), di SD Negeri 02 Batang Limpauang, Selasa, (12/10/2021)

Kegiatan yang dibuka secara resmi Koordinator Pendidikan Wilayah Kecamatan KPGD, Bustami, S. Pd tersebut, menghadirkan nara sumber Pengawas Pendidikan, Yoze Rizal, S. Pd dengan peserta sebanyak 54 orang.

" Sesuai dengan perkembangan pendidikan, para guru, murid dan kepala sekolah diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Hal tersebut tentu diketahui setelah dilaksanakannya ANBK oleh oara murid, " harap Bustami.

Baca Juga


Sesuai dengan sasaran ANBK, yaitu murid, guru dan kepala sekolah, setiap bagian tersebut nantinya akan terlihat proses dari, masukan (input), keluaran (output) dari proses pembelajaran.

Artinya sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini, akan mejadikan guru siap untuk membekali murid untuk menghadapi ANBK nanti. Dimana pelaksanaan ANBK untuk murid SD akan dilaksanakan pada 8 November 2021.

" Asesmen itu sendiri bertujuan untuk pemetaan mutu pendidikan yang dibuat sesuai apa adanya atau kenyataan sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan," jelasnya

Intinya, peserta sosialisasi ini diharapkan mampu membimbing peserta didik untuk menghadapi ANBK nanti.

Dikesempatan itu, Bustami juga mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut, sehingga mampu mengaplikasikan ANBK di sekolah masing-masing.

" Pelaksanaan ANBK oleh murid nanti, tentu sesuai dengan kemampuan mereka, dan guru hanya memgasilitasi dan mengawasi pelaksanaannya saja, " demikian Bustami.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 2 Batang Limpauang yang juga selaku Ketua Gugus II Kecamatan KPGD, Elfif Weni, S. Pd, juga mengungkapkan apresiasinya pada seluruh Kepala Sekolah dan guru sekolah imbas yang telah hadir sesuai undangan.

" Kita mengucapkan terimakasih pada seluruh kepala sekolah imbas SDN 02 Batang Limpaung yang sudah membangun kebersamaan, sehingga terlaksananya kegiatan ini, " ungkap Elfif Weni, Rabu (13/10/2021).

Pihaknya mengapresiasi telah terbangunnya kerjasama yang baik antara sekolah inti dengan sekolah imbas sehingga terlaksananya kegiatan ANBK. Apalagi kehadiran peserta tepat waktu dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), " tambahnya.

Dijelaskan Elfif Weni, peserta kegiatan diantaranya Kepala SDN 07 Balun, Gusfitta, S. Pd, beserta gurunya, Kepala SDN 11 Bancah, Ereda Febrina Susanti,S. Pd, beserta gurunya, Kepala SDN 18 Sungai Ipuh, Amidah, S. Pd, beserta gurunya dan Kepala SDN 21 Kandang Baniah, Edwardi, S. Pd serta kepala sekolah SDN 02 Batang Limpauang beserta gurunya.

" Semoga kegiatan ini akan menjadi motivasi bagi seluruh peserta, dan tentu akan berdampak meningkatnya mutu pendidikan di daerah ini, " pungkasnya.

Sementara, Yoze Rizal, S. Pd selaku nara sumber menjelaskan, kegiatan sosialisasi akan berlanjut pada keberhasilan siswa saat pelaksanaan ANBK nantinya.

" Bukti terimplementasikannya kegiatan ini, akan terlihat nanti dari hasil kegiatan ANBK yang dilaksanakan nanti oleh para murid " jelas Yoze. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru