Dua Srikandi Raih Perak Beladiri, Sumbar Naik Peringkat 16 PON XX Papua

OLAHRAGA-453 hit

JAYAPURA - Karateka Sumatera Barat Fadila Rahmi hanya mampu menyumbang medali perak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Fadila yang turun di kelas Kumite +68 Kg kalah di partai final dari karateka Tuan rumah pada pertandingan yang dipentaskan di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Jayapura, Selasa (12/10).

Kans medali emas perdana dari Cabor Karate ini kandas, lantaran Fadila kalah dari Samice Juvita Cerlin Mou, karateka unggulan tuan rumah.

Baca Juga


Pelatih Karate Sumbar Zelly Herianto mengatakan, capaian yang diraih Fadila sudah sangat bagus. Mengingat mampu melesat hingga ke babak final.

"Kita bersyukur mampu mempersembahkan medali perak dari Karateka Fadila Rahmi. Kita kalah di final dari wakil tuan rumah," ungkap Zelly.

Ia menambahkan, beberapa Karateka Sumbar lainnya akan bertanding Rabu (13/10) dalam asa setidaknya mampu merebut sekeping medali emas. Salah satunya melalui Milioner yang turun di kelas 60 kilogram putra.

"Kami berharap doa dan dukungan masyarakat Sumbar di mana pun berada agar kami bisa menyumbang medali lagi untuk Ranahminang," pungkasnya.

Klaster Mimika Sumbang Perak dan Tiga Perunggu

Sementara itu, memasuki hari ke 10 pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX 2021 di Bumi Cendrawasih Papua, atlet-atlet Sumatera Barat yang bertanding di klaster Mimika sepanjang Selasa (12/10) berhasil menyumbangkan satu perak dan tiga medali perunggu bagi Ranah Minang.

Raihan satu medali perak dihasilkan dari Vebi Sasmita yang bertanding pada babak final cabang olahraga Tarung Derajat kelas 54,1 - 58 Kg di GOR Eme Neme Yaure, Mimika.

Pada laga pamungkas itu, Vebi ditundukkan petarung tuan rumah yang meraih kemenangan mutlak dari tiga juri dengan skor 0-3.

Dua medali perunggu juga disumbangkan tim Tarung Derajat Sumbar pada hari terakhir pertandingan cabang olahraga itu.

Hendhiko Ramadhan dan Nur Rahimah yang sebelumnya bertanding pada babak semifinal harus puas mendapatkan perunggu dimasing-masing kelasnya.

Satu medali perunggu lainnya disumbangkan atlet atletik Ramadona yang bertanding pada nomor Sapta Lomba.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar Agus Suardi yang ikut menyaksikan seluruh capaian atlet Sumbar hari itu mengaku bangga dengan perjuangan yang sudah dilakukan atlet Ranah Minang.

"Kami bangga apa yang sudah diraih sejauh ini, anak-anak sudah menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh semangat. Semoga ke depan jauh lebih lagi," katanya.

Selain itu ia juga mengatakan, potensi medali masih ada dari klaster Mimika, baik itu dari cabang Atletik, Basket 3X3 maupun Biliar dimana dua atletnya masuk ke babak 8 besar dan 16 besar.

"Semoga besok masih ada medali yang disumbangkan oleh atlet-atlet Sumbar yang bertanding di Mimika ini," katanya.

Peringkat 16 Klasemen

Hingga Selasa malam Panpel PON XX 2021 Papua merilis klasemen sementara perolehan medali. Tambahan dua emas, dua perak dan beberapa medali perunggu, membuat posisi kontingen Ranah Minang naik satu tingkat ke peringkat 16 dengan total medali 34 keping (7 emas, 11 perak, dan 16 perunggu) Sumbar menggeser DI Yogyakarta (6,12,16) dan berada dibawah Sumsel (8,4,15). (Humas KONI Sumbar/Jen)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru