Kreatifitas TBM Kelok Padang Panjang, Menyulap Poskamling Jadi Taman Bacaan

SELINGAN-113 hit

KEBERADAAN Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kelok Kreatif di RT 3 Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Sumbar, bermula dari keinginan warga membuat sarana bagi anak-anak untuk mengembangkan kreativitas dan melahirkan inovasi. Maka disulaplah pos keamanan lingkungan (poskamling) di RT itu sehingga memiliki fungsi tambahan menjadi TBM.

Sebagaimana diceritakan Ketua TBM Kelok Kreatif, Meri Anggraini kepada Kominfo, TBM ini aktif sejak tahun 2017 lalu. Warga Padang Kelok bersepakat mengembangkan poskamling jadi TBM untuk tempat berkegiatan anak.

"Poskamling ditata. Dibuatkan rak-rak buku sederhana. Warga ramai-ramai menyumbangkan buku sebagai bahan bacaan untuk anak. Agar lokasi lebih semarak, warga mengecat lokasi menjadi menarik," kisahnya.

Kemudian, lanjutnya, warga secara swadaya membangun gazebo yang lebih luas. Ada juga warga yang bersedia rumahnya untuk dipakai. Selain itu juga ada lahan kosong samping poskamling untuk dijadikan taman bermain bagi anak. "Maka jadilah lokasi ini sebagai pusat kegiatan warga di RT 3 ini," sebutnya.

Di TBM ini, beragam kegiatan dilakukan. Saat ini sekitar 35 anak aktif berkegiatan di sini. Seperti belajar dan membaca buku, tahfiz, olahraga dan seni budaya. "Di bidang seni budaya, mereka belajar melukis, teater dan menari," katanya.

Tidak hanya anak-anak, kaum ibu pun memanfaatkan TBM untuk berbagai kegiatan. Seperti posyandu, pelatihan, kelompok tani, keterampilan, disain, tata boga yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.

"Karena banyak terdapat tanaman obat, juga dibuat taman tanaman obat keluarga (toga). Jadi lokasi ini menjadi taman terpadu. Ada poskamling sekaligus taman baca, di sebelahnya ada taman bermain dan taman toga yang kita harapkan bisa menjadi sumber tambahan penghasilan warga," ucapnya.

Menurutnya, semua kegiatan ini dapat terlaksana karena semangat dan kekompakan masyarakat dan adanya dukungan dari kelurahan.

Kepala Diskominfo Kota Padang Panjang, Drs Ampera Salim, SH, M.Si, ketika berkunjung ke TBM Kelok Kreatif ini, Jumat (8/10), menyampaikan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan masyarakat di TBM Kelok Kreatif ini.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan warga ini, termasuk dalam kegiatan literasi, yaitu aktivitas yang mengajak masyarakat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, agar tercipta masyarakat yang literat dan terciptanya kelompok informasi masyarakat.

"Layanan literasi secara edukatif, kreatif dan inovatif, memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan menginspirasi masyarakat luas. Semoga apa yang dilakukan warga di RT 3 ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat Padang Panjang lainnya," harapnya.(andes/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru