Wawako Erwin Yunaz Hadiri Peringatan HUT TNI Ke 76 Di Makodim 0306 /50 Kota

PEMERINTAHAN-371 hit

PAYAKUMBUH - Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz ikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 76 di Makodim 0306/50 Kota secara virtual yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesi Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (05/10).

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengibaratkan perang melawan Covid-19, seperti perang yang berlarut-larut yang juga sangat menguras tenaga dan membutuhkan kewaspadaan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus Covid 19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut. Perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental dan semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Jokowi.

Baca Juga


Namun demikian kata Jokowi, keberhasilan bangsa Indonesia dalam penanganan pandemi covid-19 tak terlepas dari peran besar TNI. Jokowi mengatakan TNI selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan.

Pemanfaatan IPTEK termasuk alutsista kata Jokowi telah digunakan dan dikerahkan TNI dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan.

"Kesigapan TNI ini juga saya minta untuk selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam," ucap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia. Rakyat bangsa dan negara kata Jokowi juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI, yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa.

"Sekali lagi selamat HUT 76 TNI, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita. Dirgahayu TNI bersatu berjuang kita pasti menang," katanya.

Senada dengan Presiden Jokowi, Wakil Wali Kota Erwin Yunaz mengucapkan selamat HUT TNI ke 76. Hari besar ini tak hanya dirayakan anggota keluarga dan TNI saja, namun segenap rakyat Indoenesia.

"Perjuangan sejak zaman kemerdekaan, TNI penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indoensia dari gangguan keutuhan bangsa dan negara," kata Erwin Yunaz.

Erwin juga mengatakan kontribusi TNI kepada bangsa ini bukan hanya melalui Operasi Militer Perang (OPM) saja, namun melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan membantu rakyat menghadapi bencana alam, termasuk pandemi Covid-19 saat ini.

"Di hari ulang tahun TNI ini, kita menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas nama rakyat kepada TNI dan prajurit yang bertugas dimanapun," tutur Erwin.

Duo Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, Kapolres Lima Puluh Kota Kota AKBP Trisno Eko Santoso turut menyampaikan apresiasi kepada TNI selaku mitra mereka dalam menjaga keutuhan negeri ini.

"Dirgahayu TNI ke 76, bersatu, berjuang, pasti menang. NKRI harga mati," teriak seluruh komponen yang hadir.

Diakhir acara secara bergantian Wawako Erwin Yunaz bersama Forkopimda menyuapi kue ulang tahun yang dibawa oleh rombongan Polres Lima Puluh Kota kepada Dandim 0306/50 Kota Mochammad Denny Nurcahyono. (Do)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru