Dirjen Perumahan PUPR Hibahkan PSU Senilai Rp 322,4 juta ke Pemko Sawahlunto

PEMERINTAHAN-644 hit

Penulis: Iyos | Editor: Marjeni Rokcalva

SAWAHLUNTO - Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serahkan bantuan hibah senilai Rp 322,4 juta lebih dalam bentuk fisik barang milik negara berupa prasarana, sarana, dan utilitas(PSU) kepada Pemerintah Kota Sawahlunto secara simbolis dengan penandatanganan berita acara serah terima antara perwakilan Dirjen Perumahan Isna Fikasari dengan Walikota Deri Asta, di ruang Balaikota setempat, Selasa (28/9/21).

Bantuan hibah PSU tersebut berlokasi di Perumahan Barangin City Residence, Dusun Karang Anyar, Desa Santur, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid seperti disampaikan Isna Fikasari mengatakan, hibah aset ini dilakukan dalam rangka menjalankan amanah Peraturan Menteri PUPR Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penggunaan Barang yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dalam aturan menteri itu dinyatakan bahwa, untuk pembangunan PSU, pemerintah wajib melakukan pengalihan prasarana, sarana, dan utilitinya kepada Pemerintah Daerah atau instansi penerima bantuan melalui hibah sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan.

"Dengan diserahkannya aset ini kepada Pemerintah Daerah, maka pemeliharaan fisik bangunannya menjadi tanggung jawab Pemda. Dengan demikian diharapkan bangunan yang dihibahkan itu bisa dimanfaatkan dan dirawat dengan baik," kata Isna Fikasari, seperti dikutip dari Humas Pemko Sawahlunto.

Disampaikan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam berbagai statemennya selalu menyebutkan bantuan PSU diharapkan daoat menjadi stimulan bagi pelaku pembangunan rumah untuk membangun rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Khususnya dalam rangka pencapaian target program satu juta rumah ditanah air.

"Program itu merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari website resmi Kementerian PUPR

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR yang telah menyerahkan bantuan hibahnya tersebut untuk dimanfaatkan dan dirawat dengan baik.

"Terimakasih kami ucapkan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, PSU ini bagi kami sangat bermanfaat dan dibutuhkan, sebagai penerima manfaat kami siap menjaga dan merawat PSU ini dengan baik." Kata Walikota Deri Asta, ditirukan Kasubag Humas Citra Gusti kepada beritaminang com melalui sambungan telepon. (Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru