Nagari Pasir Talang Timur Solsel Terus Percepat Pencapaian Target PBB

PEMERINTAHAN-458 hit

Muara Labuh - Upaya percepatan dalam pencapaian target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pemerintahan Nagari Pasir Talang Timur Kecamatan Sungai Pagu, bangun sinergi dengan berbagai tokoh masyarakat Nagari, salah satunya dengan melibatkan ninik mamak.

" Meski saat ini, capaian pungutan pajak di Nagari sudah hampir mencapai target. Namun Dukungan dari ninik mamak dan tokoh masyarakat lainnya tetap di optimalkan, " jelas Wali Nagari Pasir Talang Timur, Solbetri didampingi Kasi Pemerintahan Nagari, Refsu Santoso dan kolektor pajak Nagari, Aulia Fitri Yani.

Dari target pajak PBB pada tahun 2021 di Nagari Pasir Talang Timur sebesar Rp. 20.754.274,- telah terpungut oleh para Kepala Jorong dan kolektor sebanyak 46 % atau 9.546.966. Bahkan ada satu kejorongan, yaitu Jorong Sigintir berhasil mencapai 96 % Rp. 6.097.902.

Baca Juga


Adapun pajak tertinggi yang ada dari 4 jorong yang ada di Nagari Pasir Talang Timur adalah Jorong Pampangan yaitu sebesar Rp. 7 juta dan yang baru terpungut baru sebesar Rp. 2 juta. Sedangkan pajak yang bermasalah setelah diserahkan SPPT pada wajib pajak terkonfirmasi sebesar Rp. 218.365.

Khusus permasalahan pajak yang ditemui oleh kolektor pajak nagari adalah, objek pajak tidak ditemukan, pemilik objek sudah beralih dan yang klise dari masyarakat adalah belum diterima besar pajak dibandingkan dengan objek pajak yang mereka miliki, " jelas Solbetri.

" Meski demikian, kita sudah beri target pada kepala jorong untuk menuntaskan pungutan pajak, karena akan berdampak pada penilaian kinerja para jorong, " tambahnya.

Solbetri juga menjelaskan tentang beberapa target pimpinan yang sedang di optimalkan, diantaranya, masalah percepatan vaksinasi bagi warga masyarakat.

" Dari empat jorong yang ada di nagari, telah ditarget yang akan divaksin sebanyak 225 orang, dengan sasaran masing-masing jorong keikut sertaan masyarakat harus sebanyak 50 orang, " terang Solbetri.

Bahkan saat ini dengan sistim door to door ke rumah penduduk, sudah terdata sebanyak 53 orang peserta vaksin baru, sebagai tambahan pelaksanaan vaksin yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Pada intinya, semua program yang sudah ditargetkan oleh pimpinan akan di sikapi secara optimal dengan melibatkan berbagai unsur yang ada di nagari, " pungkas Solbetri. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru