Kota Padang Panjang Berpartisipasi Dukung WCD

PERISTIWA-645 hit

Penulis: harris/lex | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Kota Padang Panjang turut berpartisipasi mendukung kegiatan World Cleanup Day (WCD), dengan tema "Pilah Sampah dari Rumah, Bersatu untuk Indonesia Bersih". Dukungan tersebut salah satunya datang dari Dasawisma Bougenville yang terletak di Kelurahan Bukit Surungan, Kecamatan Padang Panjang Barat, Rabu (23/9).

Dari pantauan, Kelompok Dasawisma ini melakukan pemilahan sampah dari rumah, memanfaatkan CSR (Corporate Social Responsibility) PT Pertamina Teluk Kabung berupa peralatan pengolah sampah seperti lemari sampah, komposter, Solarbiodegester, dan tempat sampah residu.

Sampah terpilah itu kemudian dibawa ke Bank Sampah Masadah di kelurahan tersebut yang kemudian dihargai dengan rupiah. Berdasarkan laporan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) total sampah terkumpul dari 309 partisipan yang melakukan pemilahan sampah di 16 kelurahan, sebesar 1.652 kg. Rinciannya, 991,2 kg sampah organik dan 660,8 kg sampah anorganik.

Baca Juga


Kabid Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Berbahaya Beracun dan Pengendalian Pencemaran (PSLB3PP) Perkim LH, Syafriman Thaib, SP, M.Si menyampaikan, memilah dan memanfaatkan sampah agar tidak menyebabkan penumpukan di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) perlu menjadi perhatian bersama.

"Intinya sampah terpilah. Tidak sampai menumpuk di TPA. Bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis. Seperti sampah anorganik yang bisa dimanfaatkan untuk kerajinan. Sampah plastik membutuhkan waktu lama agar bisa hancur. Kalau itu bisa dikelola masyarakat seperti melalui Bank Sampah ini, akan sangat bagus sekali. Di Padang Panjang ini ada sekitar tujuh Bank Sampah," katanya. (harris/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru