Hari Jadi Perumda Tirta Sago Ditetapkan,Wako Riza Falepi Minta Direksi Selesaikan Keluhan Masyarakat

PEMERINTAHAN-212 hit

PAYAKUMBUH - 20 September ditetapkan sebagai hari jadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Sago atau Pamtigo Kota Payakumbuh. Tepat pada hari ini, badan usaha milik daerah (BUMD) itu genap berumur 40 tahun sejak diresmikan melalui SK Menteri Pekerjaan Umum Nomor 021/KPTS/CK/III/1981 tanggal 20 September 1981 silam.

Acara seremonialnya digelar dengan sederhana di kantor Pamtigo dengan menghadirkan penyanyi Minang Elsa Pitaloka, dan untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, acara ini bisa disaksikan secara daring melalui akun media sosial resmi Pamtigo Payakumbuh, Senin (20/9).

Hadir Wali Kota Riza Falepi, Wakil Ketua DPRD Wulan Denura, Sekretaris Daerah Rida Ananda, Dirut Pamtigo Khairul Ikhwan, Dirum Pamtigo Asrar Dt. Leloanso, Unsur Forkopimda, pimpinan BUMD, BUMN, serta beberapa pejabat Pemko Payakumbuh dan jajaran Pamtigo. Bahkan Dirut Perumda Air Minum Tirta Gemilang Pasaman Barat Helju Seplitu Hari dan Perumda Air Minum Limapuluh Kota Zulbadri juga hadir dalam acara tersebut.

Baca Juga


Ada tiga kegiatan inti dalam penetapan hari jadi Pamtigo itu, antara lain menetapkan lagu mars dan himne Perumda Tirta Sago, kemudian pemberian reward bagi pelanggan yang membayar tepat waktu, serta sosialisasi TOP BUMD baru diraih 10 hari yang lalu.

Wali Kota Riza Falepi yang menandatangani prasasti sebagai tanda ditetapkan hari jadi Pamtigo sekaligus pemotongan tumpeng mengatakan kalau hari ulang tahun Pamtigo beriringan dengan BUMD ini meraih penghargaan, untuk itu dia berharap semoga prestasi ini bisa terus ditingkatkan.

"Saya mendengar dalam Lagu Mars Pamtigo tadi, ada kata bersih airnya, lancar mengalirnya. Ini kita harapkan sesuai dengan apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Riza juga menginginkan perubahan dalam pengelolaan Pamtigo yang tak hanya fokus dengan kegiatan rutin saja, tetapi ada perubahan besar yang dilakukan, dengan fokus untuk bisa melayani masyarakat Payakumbuh dengan lebih baik, harus menyelesaikan keluhan-keluhan yang ada secepatnya.

"Managemen sudah kita efektifkan, kita didukung oleh DPRD dengan telah disahkannya Perda Perumda Tirta Sago. Saat ini direktur utamanya adalah seorang akademisi dan leadershipnya baik, sementara direktur umumnya telah berpengalaman di bidang perbankan, tentu kita harapkan Pamtigo bisa bekerja dengan maksimal serta tertib administrasi dan keuangan lancar," ungkap Riza.

Riza juga mengingatkan kepada pegawai Perumda Tirta Sago agar bekerja dengan sepenuh hati, kepada pelanggan wali kota dua periode itu mengucapkan terima kasih atas kesetiaan mereka dengan Pamtigo, tak lupa Riza juga menyampaikan permintaan maaf apabila maaih ada kekurangan dalam pelayanan selama ini, serta mengapresiasi stake holder yang banyak membantu mengawal Perumda Tirta Sago selama ini.

"Dalam usia yang ke-40, Pamtigo telah banyak memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah. Begitupula dalam pelayanan terhadap masyarakat akan kebutuhan sumber air. Dimana saat ini telah tercatat sebanyak lebih kurang 32 ribu sambungan rumah terpasang untuk warga, instansi pemerintah, swasta, dan rumah ibadah yang mendiami Kota Randang," pungkasnya.

Sementara itu, menurut keterangan Direktur Utama Pamtigo Khairul Ikhwan, Untuk reward kepada pelanggan setia Pamtigo, telah menyediakan doorprize undian berupa satu unit sepeda motor, kulkas, LCD TV, mesin cuci, dan berbagai hadiah lainnya.

"Untuk partisipan di media sosial juga berkesempatan mendapatkan hadiah voucher pulsa senilai 1,2 juta rupiah dengan cara, setelah memfollow akun Instagram Pamtigo di @tirtasago, kemudian mereka berikan komentar unik dan terbaik selama acara berlangsung," kata Khairul.

Khairul Ikhwan menambahkan, di hari bersejarah bagi Pamtigo Kota Payakumbuh, penetapan hari jadi ini dijadikan momentum kebersamaan bagaimana mencapai kesuksesan tidak lepas dari semangat dan motivasi kebersamaan, mulai dari pegawai paling bawah sampai tingkat pimpinan.

"Ditambah, pemberian reward kepada pelanggan ini merupakan kali kedua dilakukan, adalah sebagai rasa pemancing, bagaimana kita mengapresiasi pelanggan Pamtigo yang rajin membayar kewajibannya di awal waktu dan tidak menunggak. Paling tidak selama 6 bulan berturut-turut sebelum tanggal 5 tiap bulan. Alhamdulillah ada sebanyak 368 pelanggan yang tertib administrasi tahun ini, sementara tahun dulu hanya 120an saja," ungkap Khairul.

Dijelaskan juga oleh Dosen STKIP Azkia itu, di bawah kepemimpinannya mengupayakan peningkatan sumber daya manusia (SDM) jajaran Parmtigo dengan memberikan pelatihan dari sisi administrasi dan keuangan, serta operasional teknik.

"Setiap elemen memberikan kontribusi dalam kemajuan Pamtigo, tak hanya kualitas air saja yang kita pastikan baik, tetapi juga kualitas pelayanan. Apalagi kemampuan mendeteksi kebocoran dan takanan air lemah penting dimiliki oleh petugas di lapangan, dimaksimalkan secara berkala, dan sekarang sudah nampak hasilnya," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bank Nagari Cabang Payakumbuh Oktra Firdaus dalam sambutannya menyebut turut berbahagia dan menyampaikan selamat kepada Pamtigo atas penetapan hari jadi dan penghargaan TOP BUMD Awards 2021.

"Pamtigo dan Bank Nagari merupakan sama-sama perusahaan milik daerah. Keinginan Wali Kota Riza Falepi untuk mengglobalkan Pamtigo dengan bisa mengekspor air ke daerah lain adalah demi daerahnya juga. Untuk itu kita selaku BUMD harus saling intens berkomunikasi dan support. Keberhasilan Pamtigo bisa lebih baik lagi bila kita bersinergi. Selamat, semoga Pamtigo lebih sukses dan berhasil," terang Oktra. (Do)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru