Dekranasda Kota Bukittinggi Gelar Rapat Kerja

PEMERINTAHAN-203 hit

BUKITTINGGI - Untuk memantapkan pelaksanaan program kerja 2021—2024 serta membangun sinergitas dengan SKPD mitra, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bukittinggi gelar Rapat Kerja (Raker) di pendopo Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Belakang Balok, Sabtu (18/09/2021).

Rapat kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dekranasda, Ny. Fiona Erman Safar, dan Wakil Ketua Umum Dekranasda, Ny. Eva Nurna Marfendi itu, dihadiri oleh jajaran pengurus Dekaransda dan perwakilan SKPD mitra, serta IKM dan UMKM mitra binaan Dekranasda Kota Bukittinggi.

Ketua Umum Dekranasda Kota Bukittinggi Ny. Fiona Erman Safar dalam sambutannya mengatakan, salah satu topik bahasan dalam Raker ini adalah mensinergikan program kerja Dekranasda Kota Bukittinggi dengan visi misi Wali Kota, khususnya misi mewujudkan "Bukittinggi 'HEBAT' dalam sektor peningkatan ekonomi kerakyatan", katanya.

Baca Juga


Menurut Ny. Fiona Erman Safar, yang diperlukan saat ini adalah menyegerakan menggerakkan kembali ekonomi masyarakat Kota Bukittinggi. Upaya tersebut butuh komitmen bersama antara Dekranasda, SKPD mitra, maupun IKM dan UMKM di Kota Bukittinggi, ujarnya.

Kebih lanjut Ny. Fiona Erman Safar mengungkapkan, beberapa kegiatan prioritas Dekranasda ke depan, antara lain, menggencarkan publikasi serta promosi produk-produk kerajinan di ruang publik, serta menyediakan tempat pameran produk yang dibarengi dengan penataan secara apik. "Alhamdulillah, Bapak Wali Kota mendukung penuh dalam penyediaan tempat pameran produk-produk kerajinan Bukittinggi. Beliau bahkan telah menyetujui penggunaan ruang di Rumah Dinas untuk difungsikan sebagai tempat memamerkan produk-produk unggulan para perajin Bukittinggi," ujarnya.

Kemudian, kegiatan prioritas lainnya adalah terkait pemasaran produk, utamanya dalam hal pengemasan (packaging). Menurut Ny. Fiona Erman Safar, kemasan dapat menunjang pemasaran serta meningkatkan daya saing produk di pasaran.

Produk yang dikemas dengan bagus akan menarik minat masyarakat untuk membeli, baik secara langsung (di tempat) maupun secara daring (media sosial, website), ungkapnya.

Ny. Fiona Erman Safar juga menekankan perlunya para perajin untuk selalu berinovasi dan mempertahankan kualitas produk. Ia mengungkapkan, tidak jarang ditemui produk-produk kerajinan Bukittinggi ditiru oleh daerah lain yang justru mendapatkan hasil secara ekonomi lebih baik ketimbang yang didapatkan oleh perajin di Kota Bukittinggi sendiri. "Bangkitlah, keluarlah dari zona nyaman. Lakukan inovasi-inovasi. Produk kerajinan kita tidak kalah bagusnya dari produk-produk kerajinan daerah lain," ujar Ny. Fiona.

"Untuk kita di Dekranasda, mari kita kerahkan pikiran dan tenaga kita agar IKM/UMKM kita tetap kuat dan lestari," sambungnya.

Dalam Raker tersebut, beberapa Kepala SKPD mitra kerja Dekranasda, yang juga selaku Ketua dan Wakil Ketua Harian Dekranasda, memaparkan program/kegiatan SKPD-nya dalam upaya membangun sinergi dengan program kerja Dekranasda, seperti Dinas PMPTSPPTK dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan oleh Isra Yonza (Ketua Harian). Selanjutnya, pemaparan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Melfi (Wakil Ketua Harian), dan Kepala Dinas Parpora, Supadria (Wakil Ketua Harian). Ketiga Kepala SKPD mitra kerja Dekranasda tersebut juga menandatangani pernyataan komitmen dukungan dan kerjasama dengan Dekranasda dalam upaya mewujudkan Bukittinggi Hebat di Bidang Ekonomi.

( Yus).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru