Nagari Bomas Sungai Pagu Lakukan Musrenbang, Ini yang Dibahas

PEMERINTAHAN-387 hit

Muara Labuh - Camat Sungai Pagu, Rolly Almar secara resmi buka Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Nagari Bomas Kecamatan Sungai Pagu Tahun 2022, di SD Negeri 23 Mato Aia, Jumat (17/9/2021).

Kegiatan Musrenbang Nagari yang ke tiga pelaksanaannya di Kecamatan Sungai Pagu dan diKabupaten Solok Selatan tersebut, turut dihadiri Forkopimcam Sungai Pagu, Tenaga Ahli PMD Kabupaten Solsel, Gusti Zulfadli. SP, Wali Nagari Bomas, Yuliherman, Ketua Bamus, Mairinaldo Syahputra, Ketua LPMN. Zainal. A.

Terlihat juga hadir, Pendamping Desa Kecamatan Sungai Pagu, Joko Adrianto, Pendamping Lokal Desa/Nagari Bomas, Yulismanida, Bhabinkantibmas, Bripka Ricky Andrea, Pimpinan Polindes, Bidan Desa, Kepala Sekolah serta berbagai unsur dari utusan 9 jorong yang ada di Nagari setempat.

Baca Juga


Camat Rolly Almar berharap pada peserta Musrenbang Nagari untuk dapat mensinkronkan program pembangunan nagari dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati saat ini.

" Dalam Musrenbang Nagari tahun 2022 ini, tidak ada lagi istilah bagi rata kegiatan, akan tetapi harus lahir kesepakatan pembangunan yang skala prioritas dan yang mendesak dibutuhkan oleh masyarakat nagari, " harap Rolly.

Selain itu, camat juga menyampaikan beberapa target pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang harus dicapai dan harus menjadi perhatian berbagai pihak di nagari. Bahkan masalah sinkorinasi program unggulan bupati juga menjadi perhatian serius bagi semua peserta Musrenbang untuk di prioritaskan," harapnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli PMD, Gusti Zulfadli memaparkan berbagai regulasi yang berkaitan dengan penggunaan anggaran untuk berbagai kegiatan pembangunan di Nagari.

" Apalagi kegiatan ini telah dimulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap tiap Jorong yang ada di nagari Bomas, dan hasil penggalian gagasan di tingkat Jorong juga turut di ikut sertakan sebagai bahan musrenbang di tingkat nagari ini, " jelas Gusti Zulfadli.

Sedangkan Pj. Wali Nagari Bomas Koto Baru, Yuliherman, menjelaskan bahwa hasil Musrenbang ini tidak saja terfokus pada penyiapan berbagai kebutuhan masyarakat nagari, akan tetapi juga harus mempertimbangkan adanya peningkatan Pendapatan Asli Nagari (PAN) Bomas.

Artinya, hasil Musrenbang ini, selain diharapkan tepat manfaat, tepat sasaran, dan berdaya guna bagi masyarakat nagari, juga akan bisa mendatangkan Pendapatan Asli Nagari (PAN)," harap Yuliherman.

Sekretaris Nagari Bomas, Helfi Yunasri, didampingi Pendamping Desa Kecamatan Sungai Pagu, Joko Adrianto, dan Pendamping Lokal Desa/Nagari Bomas, Yulismanida, memaparkan tahun ini hasil penggalian gagasan di tingkat Jorong yang sudah diverifikasi tim, terakomodir sebanyak 13 kegiatan yang dibahas pada Musrebang tahun 2022.

Artinya, penggalian gagasan yang dilakukan di tingkat jorong, telah disusun sesuai skala prioritas untuk di bahas dan ditetapkan oleh beberapa tim dalam Musrebang Nagari Tahun 2022 ini, " jelas Helfi Yunasri. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru