Pengurus Cabang APRI Solsel Periode 2021-2025 Dilantik

PEMERINTAHAN-415 hit

Padang Aro - Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumbar H. Irwan. M. Ag dan Pengurus Wilayah (PW) Provinsi Sumbar, Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI), Ketua Pengadilan Agama Muara Labuh Haris Lutfhi, hadiri Pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Solok Selatan periode 2021-2025 di aula Kemenag Solsel.

Sementara pengukuhan pengurus APRI Solsel yang diketuai oleh Hafidz Aulia Rahman (Kepala KUA Kec. Sungai Pagu-red) tersebut adalah Kepala Kemenag Solsel diwakili Kasubag TU Kemenag Solsel. Fitriyoni, SH. MH.

Sedangkan pejabat dari lingkungan Kemenag Solsel antara lain, Kasi Bimas, Syafra Haradi, S. Ag. M. M. Pd, Kasi Pendis H.Mahadolok Ritonga, S.Ag, MM. Kasi PHU, Syaful Anwar, S.Sos. M.Sos. Pengawas Madrasah Dra. Nayusminar Nasrun dan seluruh Kepala Madrasah di Solsel.

Kabag. TU Kakan Kemenag. Sumbar Irwan berharap pada APRI yang sudah dikukuhkan, hendaknya menjadi ujung tombak dan garda terdepan Menteri Agama dalam memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat.

" Kita berharap pada penghulu, agar selalu meningkatkan kualitas diri, agar mampu menyelesaikan persoalan keagamaan di tengah masyarakat, " harapnya.

Artinya penghulu ketika melaksanakan tugas keagamaan di tengah masyarakat, diharapkan tidak saja benar menurut undang-undang, akan tetapi juga benar menurut syariat agama," tambah Irwan.

Selanjutnya Pengurus Wilayah APRI Provinsi Sumbar Syaiful Rizal. S. Ag. MM, mengapresiasi pengurus yang baru dikukuhkan, agar dalam melaksanakan tugasnya dapat mengedepankan profesionalitas, dan integritas dalam memberikan pelayanan nikah rujuk atau kegiatan keagamaan di lingkungan tugas KUA dimana penghulu ditugaskan.

" Penghulu sebagai leading sektornya KUA, hendaknya dapat bekerja secara profesional dan mengedepankan ilmu pengetahuan serta menghindari hal-hal yang melanggar yang tidak berkesesuaian dengan tugas-tugas sebagai penghulu," tambahnya

Karena penghulu disamping menjabat fungsional juga mempunyai kedudukan penting di tengah-tengah masyarakat yaitu sebagai mufti, (tempat bertanya) masyarakat. Makanya, penghulu harus dapat memberikan solusi atas permasalahan yang ada, agar peran penghulu ditengah masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik untuk.

Sementara itu, Kasi Bimas Kemenag Solsel, Syafra Haradi, didampingi Ketua APRI Solsel, Hafidz Aulia Rahman, berharap agar APRI segera menyusun kegiatan-kegiatan kedepan, dalam rangka mendukung kinerja para penghulu.

Selain itu juga diharapkan, melalui APRI, para penghulu akan dapat bekerja lebih baik lagi dalam melaksanakan berbagai tugas pelayanan pada masyarakat.

" Kita berharap pada APRI dapat berkontribusi untuk mendukung pembangunan yang tengah dilakukan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, khusuanya dibidang pembangunan umat, baik kegiatan nikah rujuk maupun kegiatan keagamaan lainnya, " harap Syafra Haradi.

Ditambahkan Ketua Pengurus Cabang APRI Kabupaten Solok Selatan, Hafidz Aulia Rahman, kedepan para penghulu yang sudah tergabung dalam organisasi hendaknya dapat membangun koordinasi dan berkabolorasi untuk melaksanakan tugas-tugas kepenghuluan.

Adapun jumlah penghulu yang tergabung dalam Pengcab APRI Kab. Solsel yang diketui oleh Kepala KUA Kecamatan Sungai Pagu, Hafidz Aulia Rahman tersebut adalah sebanyak 17 orang yang terdiri dari 7 orang Kepala KUA dan 10 orang penghulu. AA.

Loading...

Komentar

Berita Terbaru