Besok, MTsN 1 Solok Selatan Bakal Gelar Gladi Bersih ANBK

PENDIDIKAN-564 hit

MUARA LABUH - Sebanyak 45 orang dari 206 orang siswa kelas IX di MTsN 1 Solok Selatan (Solsel) bakal melaksanakan gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun pelajaran 2021 yang direncanakan besok, Rabu (15/09/2021).

"Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan untuk Ujian Akhir Sekolah (UAS), siswa kelas IX di wajibkan untuk mengikuti kegiatan ANBK," jelas Kepala MTsN 1 Solsel, Hamdi, S.Ag., M.A., didampingi Proktor ANBK, Hendrianto Risman, S.Sos.I., S.Pd.I., usai melaksanakan sosialisasi pada siswa madrasah, Selasa (14/09/2021).

Kegiatan ANBK ini wajib dilaksanakan bagi siswa kelas IX, terkhusus pada siswa yang telah ditetapkan pusat sebagai sampel melalui akun proktor madrasah.

Hanya saja kendala dan persoalan baru muncul untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Hal itu dikarenakan madrasah tidak memiliki komputer sesuai kebutuhan.

"Saat ini madrasah hanya memiliki enam komputer. Itupun dibeli dari Dana BOS tahun kemarin. Sehingga untuk bisanya dilaksanakan ANBK bagi siswa kelas IX tersebut, pihak madrasah harus melaksanakan di SMA Negeri 1 Solsel," jelasnya.

Sementara dari laporan bagian keuangan madrasah dan Kepala Tata Usaha Madrasah, Maswardi, dana madrasah sudah tidak ada lagi yang bisa dipakai untuk mendukung kegiatan ANBK.

"Hal tersebut disebabkan adanya pengurangan anggaran di madrasah tersebut sebesar Rp 59.400.000 akibat Refocusing Belanja di Kementerian Agama RI untuk tahap IV tahun 2021 ini," jelas Hamdi.

Untuk bisa terwujudnya pelaksanaan ANBK itu, menurut Hamdi pihak segera melakukan musyawarah dengan Komite Madrasah agar pelaksanaan ANBK untuk 45 orang anak dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Ditambahkan Protor ANBK, Hendrianto Risman, S.Sos.I., S.Pd.I., yang juga Waka Prasarana MTsN 1 Solsel, rangkaian dari pelaksanaan ANBK dimulai dari pelaksanaan gladi bersih selama dua hari 15-16 September dan pelaksanaan Ujian Utama pada tanggal 4-5 Oktober 2021.

Adapun materi dari kegiatan ANBK yang akan di ikuti oleh siswa madrasah diantaranya berkaitan dengan Literasi, Numerasi, dan Karakter.

"Siswa diharapkan mampu menjabarkan tiga materi ujian yang akan dilakukan secara online nantinya," jelas Hendrianto.

"Sedangkan kegiatan hari ini (Selasa-red) adalah sosialisasi teknik pelaksanaan ANBK pada 45 orang siswa sebagai perwakilan dari 206 siswa kelas IX yang ada di madrasah ini," pungkasnya. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru