TKD Damkar yang Dirumahkan Pemda Ambil Bagian Saat Kebakaran di Sungai Pagu Solsel

PERISTIWA-3198 hit

Muara Labuh - Kebakaran rumah masyarakat di Limau Sundai, Jorong IV Jorong Selatan, Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu akhirnya dapat teratasi, meski tiga rumah semi permanen habis terbakar, dan dua ramah sebagiannya terbakar dan tergolong parah dan tiga rumah lainnya rusak ringan akibat kebakaran tersebut.

Teratasinya dengan cepat pemadaman kebakaran rumah warga di Nagari IV Jorong Selatan tersebut, menurut Kabid Pemadam Kebakaran, Darmansyah adalah berkat adanya keterlibatan beberaoa orang anggota Damkar yang dirumahkan.

Artinya, " tanpa diperintah, para mantan TKD Damkar Solsel yang rumahnya ada di sekitar lokasi kejadian, secara spontan lansung membantu, demikian juga dengan masyarakat disana, yang sangat antusian membantu memadamkan api yang sudah mulai merebak kerumah lain, " kata Darmansyah.

" Atas nama Pemda Solsel, khususnya Damkar Solsel, kami mengucapkan terima kasih pada kawan-kawan mantan TKD pemadam kebakaran yang sudah turut membantu musibah kebakaran, Minggu (12/9/2021)," tambahnya.

Tercatat beberapa orang mantan petugas pemadam kebakaran yang turut membantu saat kejadian, diantaranya, Yunaf Riko, Riko Sanci, Sosra Mijoyo, Armen Syahril, Muhammad Ikbe dan Bendrizon. " Sedangkan saya datang hanya dengan sopir Damkar Basdianto saat itu, " jelas Darmansyah.

" Masih untung saya lagi berada di Muara Labuh untuk keperluan pribadi. Sehingga bisa cepat mobil pemadam kebakaran sampai di lokasi. Kalau tidak akan mengkwatirkannrumah yang sangat rapat dengan lokasi kejadian ini akan terkena dampaknya, " tambahnya.

Sebetulnya armada dan tim pemdam kebakaran dari Padang Aro akan bergerak juga kelokasi kejadian, namun karena api sudah dapat teratasi, maka tim pemadan dengan armada pemadaman, kami larang, " pungkas Darmansyah.

Ditempat terpisah Wali Nagari Pasir Talang Selatan, Zoni Marjis didampingi Sekna Riki Suriandi, mengatakan pihaknya akan mendata korban dan kerugian akibat bencana kebakaran, untuk segera dilaporkan ke Bupati Solok Selatan di Padang Aro besok pagi (Senin-red).

" Untuk sementara, pihak nagari akan membantu makan bagi korban kebakaran, hal itu sesuai dengan saran yang disampaikan Ketua Bamus Nagari, Siswadi, " jelas Zoni Marjis.

Jadi pihak nagari akan membantu untuk makan warga yang rumahnya terbakar, menjelang kita melaporkan musibah ini kepada pimpinan di Kecamatan dan Padang Aro, " tambahnya.

Turut membantu memadamkan kobaran api rumah warga di Jorong IV Jorong Selatan tersebut, selain Damkar, juga bersitungkin warga masyarakat dengan menyiramkan air, dan terlihat juga Babinsa Nagari Pasir Talang Selatan, Sertu Rokhmat Amin, Bhabinkantibmas, Brigadir Toni Resmiko, Ketua Bamus Nagari, Siswadi serta beberapa anggota Polsek Sungai Pagu.

Terlihat dilokasi kejadian kebakaran di Limau Sundai Jorong IV Jorong Selatan, Nagari Pasir Talang Selatan, Minggu (12/9/2021), Sekdakab. Solsel Dr. Syamsurizaldi, Sekdis Dikpora Solsel, Asniati serta Anggota Polres Solsel.

Dengan dapatnya teratasi kebakaran oleh Damkar bersama masyarakat, Kadis Sapol PP dan Damkar Solsel, Ir. H. Epli Rahmat mengapresiasi kegontongroyongan masyarakat bersama tim damkar. Apalagi informasinya turut mantan anggota Damkar yang rumah dekat dengan lokasi kejadian.

Sementara itu dari data sementara yang berhasilkan dikumpulkan dilapangan, tercatat rumah yang terbakar habis saat kejadian kebakaran tersebut diantara, Yenita guru SD Negeri 06 Mudiak Lolo, Eka Putra Kepala Jorong IV Jorong Selatan, dan rumah Ayek Ajir.

Sementara rumah warga lain yang juga terbakar sebagiannya, diantaranya, Yumliarti (Ibu Rumah Tangga) , Fitri Susidianti( Bidan Desa), Andika Ayu Sasmita (ibu rumah tangga), dan rumah Wasmiati juga ibu rumah tangga. Serta rumah Mulyadi (TKD Satpol PP yang dirumahkan). AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru