Pasca Kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi, Pemko Langsung Gelar Rapat Dengan Perwakilan Pedagang

PERISTIWA-163 hit

BUKITTINGGI - Pasca kebakaran los dan kios serta lapak pedagang di pasar Bawah Bukittinggi, Pemko langsung menggelar rapat dengan perwakilan pedagang korban kebakaran beberapa jam setelah musibah terjadi, di Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Sabtu (11/09).

Menurut Plt Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Bukittinggi, Isra Yonza, bersama Wakapolres Kompol Sukur Hendri Saputra, yang juga didampingi sejumlah Kabid di dinas pasar, menjelaskan kepada awak media, setelah terjadi kebakaran, pihaknya langsung menggelar rapat mendadak, bersama Pj Sekda. Dalam rapat itu, disimpulkan dua opsi untuk ditawarkan kepada pedagang sebagai langkah cepat untuk membantu agar segera beraktivitas kembali.

"Ada dua opsi yang kita berikan. Pertama, pedagang di relokasi sementara waktu dan lokasi yang terbakar dibangun kembali. Kedua, lokasi dibangun kembali dan pedagang menunggu sementara selama pembangunan, yang diperkirakan pengerajaannya selama dua minggu," ujar Isra Yonza.

Baca Juga


Setelah itu, pihak dinas pasar melakukan rapat dengan perwakilan pedagang korban kebakaran, disampaikan Dua opsi tersebut,ternyata perwakilan pedagang sepakat untuk memilih opsi kedua.

"Jadi setelah kami jelaskan ke pedagang, mereka sepakat untuk memilih opsi kedua,yaitu menunggu pembangunan kios dan los kembali setelah tim inafis dari kepolisian bekerja. Jadi tidak ada penampungan, pedagang sepakat untuk menunggu, lokasi yang terbakar, di pagar sekeliling dan direhab mana yang rusak. Diperkirakan pekerjaan dilakukan selama dua minggu,"jelasnya.

Sementara Wali Kota Bukittinggi Erman Safar saat meninjau lokasi kebakaran didampingi sejumlah Kepala OPD dan pihak kepolisian, mengungkapkan duka mendalam atas musibah yang menimpa pedagang di Pasar Bawah.

Menurut Wako Erman Safar, Hal ini tentu akan menjadi prioritas bagi Pemko Bukittinggi untuk segera melakukan rehabilitasi.

"Kami atas nama pribadi dan atas nama pemerintah kota, mengungkapkan duka yang mendalam atas musibah ini. Semoga pedagang bisa tabah dan kami dari pemerintah akan segera melakukan perbaikan," jelasnya.

Menurut Wako, setelah kebakaran pihak pemko telah menyusun beberapa rencana. Setelah dibicarakan dengan pedagang, disepakati, pedagang tidak direlokasi. Pedagang akan menunggu proses perbaikan lokasi oleh Pemko.

"Hasil mufakat antara pedagang dan pemerintah, adalah, mereka sepakat untuk menunggu diperbaiki lokasi tempat mereka asal berjualan. Tadi kami sudah koordinasi dengan pihak PU, bahwa mereka membutuhkan waktu kurang lebih 3 pekan, setelah area yang terbakar itu bersih. Kita akan bikin los semi permanen mengikuti los los menyerupai yang sudah ada,"ujar Wako Erman Safar.

( Yusrizal)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru