Kalau Sudah ke Sumbar, Sayang Rasanya tidak ke Kubu Gadang Padang Panjang

PARIWISATA-558 hit

PADANG PANJANG - Hal yang sangat luar biasa dirasakan warga Padang Panjang khususnya Desa Wisata Kubu Gadang, Jumat (10/9) siang. Tim Peppy Explore Desa (PEDE) akan menjelajahi dan mengenalkan Kubu Gadang ke khalayak banyak.

Kedatangan Tim Peppy Explore Desa disambut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Drs. Maiharman dan Tim Kubu Gadang.

Kegiatan Tim PEDE, kata Peppy, merupakan sebagai wujud kepedulian mereka dengan banyaknya potensi-potensi desa di Indonesia yang belum dipromosi secara maksimal. Serta juga merupakan kolaborasi semua pihak, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta pemerintah daerah setempat.

Baca Juga


"Tim PEDE memilih Desa Wisata Kubu Gadang, karena kalau sudah ke Sumatera Barat (Sumbar), sayang rasanya tidak ke Kubu Gadang," sebutnya.

Sesampainya di Padang Panjang, Tim PEDE langsung mencicipi hidangan makan siang di Rumah Makan Baramas. Setelah itu, baru lanjut melihat langsung atraksi dan juga ikut dalam atraksi Silek Lanyah di Kubu Gadang.

"Pantesan aja ya, Kubu Gadang menjadi desa wisata terbaik di Sumbar. Atraksi di sini sangat luar biasa. Biasanya orang bersilat di matras, namun di sini malah di atas air yang berlumpur. Ini sungguh hal yang sangat tidak pernah terpikirkan oleh saya. Belum lagi gerakan silatnya yang sulit untuk dipelajari," kata Peppy.

Peppy juga bercerita terkait ia dan tim memilih Desa Kubu Gadang untuk didatangi, karena Kubu Gadang telah menjadi desa yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan prestasinya dan keindahannya juga. Bukan berarti desa lain tidak bagus, namun Kubu Gadang telah terbukti terbaik di Sumbar.

Ini adalah perjalanan kedua Tim PEDE mengekplor desa di Indonesia. Sebelumnya di Bengkulu, sekarang ke Padang Panjang. "Kami datang secara mendadak, tidak memberitahu terlebih dahulu. Karena kami akan melihat bagaimana desa tersebut menyambut kedatangan kami dan sejauh mana persiapannya jika ada yang ingin ke sana," katanya.

Disebutkannya, awalnya tim ke sini cuma iseng saja. Tapi setelah di sini, benar-benar dibikin takjub. Dan tim menemukan hal yang tidak terduga.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mempromosikan setiap keindahan yang ada di Kubu Gadang dan membuat desa ini lebih dikenal di Nusantara," tuturnya.

Sementara itu Kasi Pemasaran dan Kemitraan Pariwisata Disporapar, Syahrial, S.Sn sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dengan kedatangan Tim PEDE tentu Kubu Gadang nantinya akan dikenal lebih luas.

Sama diketahui tambahnya, untuk mengenalkan wisata ini tidak bisa sendiri. Namun juga dibutuhkan kegiatan seperti ini. "Kementerian saja bangga dengan Kubu Gadang, apalagi kita yang sudah memiliki desa yang berpotensi seperti Kubu Gadang ini. Mari sama-sama kita mengeksplor desa wisata ini," ucapnya.

Sementara itu Penasehat Desa Wisata Kubu Gadang, Jufriadi Datuak Sati mengucapkan terima kasih kepada Tim PEDE yang mengunjungi dan membantu mengeksplorasi desa ini.

"Kita berharap dengan kedatangan Tim PEDE bisa mempromosikan wisata yang ada di Kota Pdang Panjang supaya bisa lebih dikenal," sebutnya. (cigus/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru