Bikin Bangga! Putra Minang Kuliah di Unand Ini Pemuncak Mahasiswa Berprestasi Nasional 2021

PENDIDIKAN-1446 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

PADANG - Membanggakan, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) bernama Refa Rahmaddiansyah mengukir sejarah bagi kampusnya dengan menjadi pemenang pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Sarjana Nasional 2021 yang berlangsung pada 7-9 September 2021 kemarin.

Prestasi ini adalah yang pertama kali dicapai Unand sejak ikuti ajang Pilmapres pertama pada 1986 lalu. Capaian ini sekaligus melengkapi hadiah ulang tahun Unand yang ke-65 pada Lustrum XIII Unand.

Wakil Rektor (WR) III Unand Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Insannul Kamil, mengatakan, capaian ini adalah sejarah bagi Unand, karena untuk pertama kalinya perwakilan Unand meraih prestasi tertinggi mahasiswa tingkat nasional.

Baca Juga


"Unand beberapa kali masuk final Pilmapres, tapi tidak pernah juara. Tahun ini kami lakukan evaluasi, semua perlombaan tingkat nasional langsung dikoordinir bidang kemahasiswaan universitas, kami bentuk tim pendamping," ujar Insannul.

Pada Pilmapres 2021 ini, Refa berhasil keluar sebagai pemenang pertama dengan menyisihkan 642 peserta dari seluruh Indonesia.

Mengusung tema Gagasan Kreatif dengan fokus pemanfaatan gambir sebagai obat kanker paru, Refa yang sejak tahun 2018 memenangi 53 perlombaan tingkat internasional dan nasional berhasil memukau para juri.

"Para juri sangat tertarik dengan gagasan kreatif dan deskripsi diri yang saya paparkan," ujar Refa sesaat setelah babak final.

Perwakilan Unand pada Pilmapres tahun 2021 ini didampingi oleh tim yang diketuai oleh Wakil Dekan III Fisip Unand, Haiyyu Darman Moenir.

Ajang Pilmapres ini merupakan perlombaan mahasiswa berprestasi yang mempertemukan mahasiswa terbaik se Indonesia yang diukur dari berbagai bidang capaian, baik itu prestasi akademik dan non akademik, organisasi, penghargaan dan publikasi, serta keterlibatan dalam masyarakat. (Jen)

Sumber: padangkita.com

Loading...

Komentar

Berita Terbaru