Siapa Peduli? Tak Ada MCK, Jamaah Terpaksa Wudhu di Sungai di Garabak Data Kabupaten Solok

PERISTIWA-223 hit

SOLOK - Surau ini udah 60 tahun umurnya, tapi kami para jamaah ndak pernah ngerasain wudhu di tempat yang layak.

Garabak Data adalah sebuah daerah di Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Desa ini berada 720 meter diatas permukaan laut. Akses ke Garabak Data hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan Trail dan Double Gardan dengan 8 jam perjalanan dari kota Solok dikarenakan akses jalan yang hanya 30% aspal dan beton. Sisanya adalah jalan tanah merah berbatu sehingga banyak memakan waktu untuk diperjalanan, apalagi ketika hujan turun.

Di antara semua Masjid dan Mushalla yang ada di Garabak Data, tak ada satu pun yang memiliki tempat wudhu dan toilet yang layak. Salah satunya surau Lubuk Kupik, dimana di sekitar surau tersebut terdapat 33 KK dan ada 54 anak-anak yang mengaji di surau itu setiap harinya. Surau ini juga menjadi pusat Ibadah masyarakat sekitar. Namun setelah 60 tahun surau ini berdiri, tidak ada MCK dan tempat berwudhu.

Baca Juga


Warga dan anak-anak sekitar harus berjalan dulu ke sungai terdekat untuk BAB, BAK, maupun berwudhu. Mereka terpaksa harus pergi ke sungai tiap kali pergi berwudhu, meskipun jalan menuju sungai gelap dan di saat hujan turun tanahnya lembap, sehingga jamaah rentan terpeleset.

_"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh"_ *(HR. Muslim no. 1631)*

Sahabat Dermawan, mari kita bersama-sama meringankan saudara muslim kita di pelosok negeri agar mereka memiliki MCK yang layak. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaiknya di hari *#JumatBarokah ini melalui :

*BRI 0382 01 00076 9305* rekening Atas Nama _Aksi Cepat Tanggap_

*Informasi selengkapnya dapat memilih salah satu kontak layanan dibawah ini:*

SMS Center : 0811 668 0074

WA: bit.ly/LayananKonfirmasiAksiCepatTanggap

Careline : 0751-897 1974

(R/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru