Nagari Sako Selatan Solsel Gelar Vaksinasi Massal Covid-19

KESEHATAN-517 hit

MUARA LABUH - Upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dilakukan dengan melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal perdana di Nagari Sako Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) yang memiliki empat jorong .

"Kegiatan vaksin bagi masyarakat Nagari tersebut ditarget sasarannya sebanyak 200 orang," kata Kepala Seksi Kesejahteraan (Kasi Kesra) Hendri disela-sela pelaksanaan vaksin massal di Kantor Wali setempat, Jumat (10/09/2021).

Sesuai dengan edaran dari Bupati Solsel, H. Khairunas dalam rangka percepatan dan optimalisasi vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Solsel, Nagari turut serta menggelar pelaksanaan vaksin di nagari masing-masing.

Baca Juga


"Kita sudah turunkan edaran Bupati Solsel tersebut ke empat jorong yang ada di nagari ini, sedikitnya 50 orang warga masyarakat per jorong harus melaksanakan vaksin," jelas Hendri.

"Alhamdulillah kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan di Kantor Wali Nagari telah mendapat apresiasi dari masyarakat Nagari. Semoga target pelaksanaan vaksin untuk 200 orang di Nagari ini akan dapat terealisasi pada hari ini, " tambah Hendri.

Sementara itu, Wali Nagari Sako Selatan, Pepi Suhendra didampingi Sekretaris Nagari (Sekna), Junaidi disela-sela kegiatan vaksin menambahkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di nagari adalah bagian dari dukungan Pemerintahan Nagari pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solsel untuk percepatan pelaksanaan vaksin. Selain itu juga dalam rangka memimilisir penyebaran Covid-19 di Solsel.

"Kita mendorong seluruh lapisan masyarakat di Nagari untuk ikut melaksanakan vaksin. Sehingga persoalan pembatasan aktivitas masyarakat akan dapat kembali normal, seiring kembali meningkatnya perekonomian masyarakat," harap Pepi Suhendra.

Dari jumlah penduduk Nagari Sako Selatan, Kecamatan Sungai Pagu sebanyak 2081 jiwa.

"Saat ini Pemerintahan Nagari melalui Kasi Kesra sudah menargetkan 50 orang per jorong dari empat jorong yang ada di nagari untuk ikut melaksanakan vaksin hari," tegas Pepi.

Meski demikian, tentu pelaksanaan akan disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang sudah disiapkan oleh pihak Puskesmas Muara Labuh.

Terlaksananya pelaksanaan vaksinasi massal di nagari untuk pertama kali dilaksanakan secara massal ini, Pepi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi warga masyarakat yang sudah berpartisipasi melaksanakan vaksin.

"Apresiasi dan ucapan terima kasih juga disampaikan untuk tenaga kesehatan dari Puskesmas Muara Labuh yang sudah turut menyukseskan vaksinasi massal perdana di nagari ini," terangnya.

Sementara tenaga kesehatan dari Puskesmas Muara Labuh, sebagaimana dikatakan Yolla Anamela, pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat nagari ini pihaknya menyiapkan vaksin sebanyak 10 vial atau 100 dosis, yang bisa divaksinkan kepada 100 orang.

Pelaksanaan vaksin saat ini, pihak Puskesmas Muara Labuh sudah menyiapkan vaksin jenis Moderna selain vaksin jenis Sinovac. Untuk pelaksanaan vaksin di Sako Selatan ini telah memakai vaksin Sinovac dan vaksin Moderna.

Sementara untuk vaksin jenis Moderna terpakai untuk satu orang, lebih dari pemakaian yang dilaksanakan di Puskesmas Muara Labuh.

"Pemakaian vaksin Moderna ini memang sedikit berbeda dengan vaksin Sinovac, dimana untuk pemakaian vaksin Moderna ini, 1 vial diperuntukan untuk 14 orang. Jadi kalau vaksin ini dipakai (Moderna-red), kita harus menyiapkan sebanyak 14 orang yang akan di vaksin," jelas Yolla.

Ditambahkan Yola, kegiatan vaksinasi di Sako Selatan ini telah dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sementara masyarakat yang ikut sangat antusias, mulai dari pelaksanaan vaksin ke-1 (pertama) maupun vaksin ke-dua.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan, Yeli Novera, S.Pd., yang terlibat melakukan pendataan peserta vaksin menjelaskan, bahwa peserta vaksin kedua yang ikut pada hari ini tercatat sebanyak 15 orang, sisanya lebih kurang 42 orang melakukan vaksin pertama. Rinciannya, 1 vaksin Moderna, dan 41 vaksin Sinovav.

"Belum semua target dapat divaksin, pada umumnya banyak yang ditunda setelah hasil pemeriksaan kesehatan, dan diharapkan masyarakat yang akan divaksin dapat melaksanakannya di Puskesmas Muara Labuh atau di Nagari yang juga melaksanakan kegiatan yang sama," demikian Yeli Novera.

Hadir pada pelaksanaan vaksin massal di Nagari Sako Selatan tersebut, Kanit Intel Polsek Sungai Pagu, Aipda Ridwan, Bhabinkantibmas, Bripka, Lery Mack Donal, serta seluruh perangkat nagari. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru