Pemko Padang Panjang Gandeng BKPRMI Bina Remaja Masjid

PENDIDIKAN-265 hit

PADANG PANJANG - Berkat kerja sama antara Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dengan Pemko Padang Panjang, sejak 2015 hingga sekarang sudah banyak pelatihan dan pembinaan yang diberikan kepada generasi muda dan remaja masjid di kota ini.

Hal ini diutarakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) BKPRMI Padang Panjang, Kasbi, S.Pd.I, S.Pd, M.Pd.i dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) BKPRMI Sumbar, Dr. Nurlizam, M.Ag secara terpisah kepada Kominfo, Jumat (3/9). "Kami berharap melalui pembinaan ini, menjadikan mereka siap untuk berkontribusi dalam kegiatan kemasyarakatan," sebut Nurlizam.

Sementara Kasbi menyebutkan, hubungan harmonis dan kerja sama antara BKPRMI dan Pemko dalam kegiatan pembinaan pemuda dan remaja sudah berlangsung lama. Banyak aktivitas positif bagi generasi muda yang sudah terlaksana.

Baca Juga


"Seperti pelatihan dan outbound pemuda remaja masjid selama tiga hari di tahun 2015. Melaksanakan wirid remaja serentak di 35 masjid se-Kota Padang Panjang sekali dua minggu pada tahun 2015. Melaksanakan wirid remaja gabungan sekali sebulan tahun 2016-2021. Mendorong terbentuknya remaja masjid pada setiap masjid yang ada di Kota Padang Panjang," papar Kasbi.

Selain itu, tambahnya, mengadakan Festival Anak Shaleh (FASI) yang merupakan ajang penampilan bakat dan prestasi generasi muda Islam di Kota Padang Panjang. "Juga mendorong dan memfasilitasi anak-anak Padang Panjang untuk tampil dan menjadi peserta mewakili Sumbar dalam FASI Nasional yang akan diadakan pada November 2021 mendatang," sebutnya.

Ditambahkannya lagi, Pemko turut memfasilitasi kegiatan-kegiatan BKPRMI, seperti Musda, pelantikan, menyambut tamu DPP BKPRMI dan kegiatan lainnya. Serta membuat program Smart Masjid yang akan menjadi masjid percontohan dalam semua kegiatan terutama pembinaan remajanya.

"Alhamdulillah kemajuan pembinaan remaja masjid memperlihatkan trend positif. BKPRMI sangat berterima kasih kepada Pemko, Kemenag dan pihak-pihak terkait yang telah mendukung kegiatan BKPRMI selama ini," ujarnya.

Dikatakan Kasbi maupun Nurlizam, dukungan dan kerja sama dari seluruh pihak, sangat diharapkan oleh jajaran pengurus BKPRMI untuk kebaikan dan peningkatan pembinaan generasi muda.

Seiring dengan milad BKPRMI ke-44 tahun ini, kata Kasbi, jajaran BKPRMI Kota Padang Panjang akan tetap berpartisipasi aktif dan berkontribusi positif dalam pembinaan dan pengembangan potensi pemuda dan remaja.

"Namun saat ini tengah masa pandemi, pelaksanaan pembinaan dilakukan secara daring. Misalnya kajian rutin via Instagram BKPRMI. Sebagian remaja antusias berdiskusi untuk memahami dan mendalami setiap tema yang disodorkan, sehingga kepahaman mereka terhadap berbagai tema semakin bertambah," tuturnya. (cigus/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru