Perkembangan Kasus Covid-19 di Padang Panjang, 204 RT Zona Hijau dan 32 RT Zona Kuning

KESEHATAN-334 hit

PADANG PANJANG - Kota Padang Panjang dengan total 236 Rukun Tetangga (RT) di 16 kelurahan, terdapat 204 RT yang berada di zona hijau. Ini menunjukkan bahwa tidak ada kasus konfirmasi Covid-19 di seluruh RT ini. Namun ada 32 RT yang berada di zona kuning.

"Dari 236 RT, ada 32 RT yang berada di zona kuning. Banyak RT yang berada di zona hijau dengan tidak adanya kasus positif di wilayah RT tersebut. Kita berharap, semua RT kita ini berada di zona hijau selanjutnya," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Rahmaisa, S.K.M.

Untuk RT yang berada di zona kuning, jelasnya, masih perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19. Baik dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) maupun pelaksanaan 3T (tracing, testing, dan treatment).

Baca Juga


Rahmaisa menyebutkan, kondisi saat ini dengan sedikitnya kasus positif, ada dua penyebabnya. Di antaranya masyarakat yang memang sudah patuh terhadap penerapan prokes sehingga bisa meminimalisir penyebaran kasus. Kedua, kurangnya keinginan masyarakat untuk melakukan testing jika kontak erat dengan kasus positif.

Ia berharap, masyarakat yang berapa di zona kuning ini dapat bahu-membahu agar berada di zona hijau di lingkungan RT masing-masing. Sebagaimana diketahui, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19, pemerintah membagi empat zona pengendalian wilayah persebaran Covid-19 di masing-masing RT.

Empat zona tersebut yakni, zona hijau dengan kriteria tidak ada kasus positif di wilayah RT, zona kuning dengan kriteria 1-2 rumah yang terdapat kasus konfirmasi dalam waktu 7 hari terakhir. Zona oranye dengan risiko sedang terdapat 3-5 rumah dengan kasus positif, dan lebih dari 5 rumah untuk zona merah. (Lex/shintia)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru