Normalisasi Batang Tapan Pessel Bakal Dimulai Tahun 2022, BWSS V Sumbar Tinjau Pembebasan Lahan

PEMERINTAHAN-375 hit

PAINAN -Tindaklanjuti usulan normalisasi Batang Tapan yang sering meluap akibat banjir, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V Sumatera Barat (Sumbar) meninjau lokasi pembebasan lahan untuk normalisasi Batang Tapan.

Hal ini diungkapkan Camat Ranah Ampek Hulu Tapan, Mar Alamsyah, S,STP., M.Si., saat mendampingi peninjauan tersebut di wilayah setempat, Selasa (31/08).

"Untuk yang telah dibebaskan lahannya telah dapat diajukan usulan kegiatannya ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI," kata Camat.

Baca Juga


Alam mengatakan, lahan yang telah dibebaskan tersebut telah dilakukan sejak tahun 2019 lalu, dan masyarakat telah menyetujui rencana tersebut.

"Rencana yang kita usulkan pada tahun 2019 lalu normalisasi Batang Tapan ini sepanjang 10 km," tambahnya.

Pada tahun 2020, Pemerintah telah menganggarkan Rp49 miliar untuk normalisasi Sungai Batang Tapan, namun tidak dapat direalisasikan karena tersebut dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

"Kita berharap pada tahun 2022 nanti dapat terealisasi kegiatannya, minimal pada titik-titik yang dianggap penting," lanjut Camat.

Alam menambahkan, normalisasi, dan pengamananan tebing sungai Batang Tapan ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan masyarakat di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan dan Basa Ampek Balai Tapan. (RND/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru