Danlantamal II Padang Laksma Hargianto Dilewakan Sebagai Datuak Bagindo Malano Nan Hitam

PERISTIWA-172 hit

BANUHAMPU - Komandan Pangkalan Utama TNI (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Hargianto SE, MM, MSi dilewakan menyandang gelar kehormatan adat atau kebesaran Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari pasukuan Pisang Jirek Cingkariang, Nagari Cingkariang, Kecamatan Banuhampu, Agam, Minggu (29/8) di Masjid Jami'.

Pengukuhannya dalam menyandang gelar adat tersebut dihadiri Gubernur SUmbar, Mahyeldi Ansyarullah, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, Forkopimda Agam, tokoh adat dan pejabat daerah lainnya.

Pengukuhan tersebut, ditandai dengan proses pemasangan saluak kepada Laksma TNI Hargianto oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi, dan pemasangan keris oleh Ketua LKAAM Provinsi Sumbar, M. Sayuti, Dt Rajo Pangulu, serta penyerahan tongkat oleh Dr. H. Fauzi Bahar, Dt Nan Sati.

Baca Juga


"Laksma TNI Hargianto patut diangkat menjadi datuak pangulu di kaumnya Pasukuan Pisang Jirek, Cingkariang Karena beliau adalah sosok yang tegas dalam menegakkan keamanan dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat,," ujar Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi.

Dengan diangkatnya Laksma TNI Hargianto, sebagai Datuak Bagindo Malano Nan Hitam, jelas Mahyeldi, bisa menjadi bagian dalam memperkuat sendi-sendi adat di Minangkabau, khususnya di Nagari Cingkariang.

"Sebagai seorang pangulu atau pemimpin di kaum, memiliki tugas yang berat. Semoga Laksma TNI Hargianto Dt Bagindo Malano Nan Hitam, dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam memimpin kaum dan menuntun anak kemenakan ke arah yang lebih baik," harap Mahyeldi.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, mengucapkan syukur dan mengapresiasi atas dikukuhkannya gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam kepada Laksma TNI, Hargianto.

"Kamibangga, Danlantamal II, Laksma TNI Hargianto, menjadi niniak mamak di Kabupaten Agam, khususnya di Nagari Cingkariang, Kecamatan Banuhampu," ujarnya.

Jika sudah menjadi pangulu, akan menjadi suri tauladan bagi anak kemenakannya, khususnya di kaum pasukan Pisang.

"Semoga Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dapat mengayomi dan menjadi panutan bagi anak kemenakannya," harap Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman. (Biro Adpim Setdaprov Sumbar)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru