Baznas Pesisir Selatan Kembali Salurkan Beasiswa Kepada 500 Mahasiswa Terdampak Covid-19

EKONOMI-834 hit

PAINAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali merealisasikan program Beasiswa Baznas tahun 2021.

Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Selatan, Yuspardi, Kamis (26/08/2021) menjelaskan, Beasiswa Baznas Kabupaten Pessel yang direalisasikan itu diarahkan untuk 500 mahasiswa masing-masing menerima Rp 1,5 juta.

"Dana beasiswa itu ditransfer ke rekening mahasiswa bersangkutan melalui Bank Nagari Cabang Painan," ungkapnya.

Baca Juga


Dikatakannya, beasiswa tersebut bertujuan untuk membantu meringankan biaya pendidikan mahasiswa warga Kabupaten Pessel dimasa Pandemi Covid-19.

"Diminta pada mahasiswa agar manfaat beasiswa itu betul-betul untuk biaya kebutuhan kuliah," pintanya.

Yuspardi mengatakan, pada tahun 2021 ini, Baznas Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan penerimaan zakat sebesar Rp 12,8 miliar. Itu meningkat dari target tahun 2020 yang hanya sebesar Rp 11 miliar. Target itu diyakini bisa tercapai karena besarnya potensi zakat di daerah ini.

Pencapaian target zakat tahun 2021 membutuhkan upaya maksimal, tentunya dengan cara menggali sumber-sumber yang memiliki potensi zakat.

Sementara itu, dengan mendapat dukungan dari semua perangkat daerah yang ada serta Kementerian Agama (Kemenag), sehingga penerimaaan zakat tahun 2020 lalu melebihi dari target.

"Ya, tahun 2020 lalu target penerimaan zakat hanya sebesar Rp 11 miliar. Alhamdulillah terealisasi melebihi target yaitu Rp 12,4 miliar. Karena capaian itu, sehingga tidaklah berlebihan jika tahun 2021 ini, target penerimaan zakat kita tingkatkan menjadi Rp 12,8 miliar," katanya.

Disebutkan, Baznas Pessel menyalurkan zakat untuk beberapa kegiatan seperti Rehab dan Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pemberian beasiswa, bantuan tambahan modal usaha keluarga kurang mampu, serta bantuan biaya berobat bagi keluarga miskin. (RND/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru