Dr. Syamsurizaldi Resmi Dilantik jadi Sekda Solsel, Ini Tugas yang Harus Diselesaikannya!

PEMERINTAHAN-307 hit

PADANG ARO - AkademisiFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand), Dr. Syamsurizaldi, resmi dilantik oleh Bupati Solok Selatan (Solsel) Khairunas sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solsel di Aula Sarantau Sasurambi, Kamis (26/08/2021).

Syamsurizaldi yang akrab dipanggil "Uncu" tersebut dilantik menggantikan Pj. Sekda lama Doni Rahmat Samulo yang kembali bertugas sebagai kepala pada salah satu biro di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar).

Turut hadir Wakil Bupati Solsel, Ketua DPRD, Kajari, Plh. Pabung 0309 Solok, Perwira pada Polres Solsel, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, Kepala BKD Provinsi Sumbar, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepada Sekda yang baru dilantik, Bupati berpesan agar yang bersangkutan mampu berperan dalan menjaga hubungan harmonis antara Bupati, dan Wakil Bupati yang telah terjalin selama ini.

"Bantu kami berdua (Bupati dan Wabup) untuk tetap harmonis dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan ini," pinta Bupati.

Bupati juga berharap agar Sekda juga mampu membantu harmonisasi kepala daerah dengan unsur-unsur pemerintahan lainnya, termasuk hubungan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kehadiran Sekda yang baru diharapkan juga dapat memberikan energi baru yang besar untuk menjalankan pemerintahan di Kabupaten Solsel.

Terlebih, Sekda Syamsurizaldi adalah sosok yang sudah lama mengambil peran, dan turut berkontribusi dalam kemajuan Solsel selama ini.

Tak ingin berlama-lama, ia langsung menginstruksikan Sekda untuk berkoordinasi dengan Bupati, dan Wabup keesokan harinya, untuk mendiskusikan terkait belum adanya pejabat definitif pada berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Beliau bukanlah orang baru, dan telah mengetahui seluk beluk di kabupaten ini. Saat ini ada beberapa OPD yang berstatus Pelaksana Tugas (Plt). Bantu kami untuk memikirkan agar secepatnya OPD tersebut mendapatkan pejabat definitif," pungkas Bupati.

Sekda juga diminta untuk membantu mengkoordinir OPD-OPD yang ada dalam mensukseskan berbagai rencana pembangunan untuk mewujudkan visi, dan misi yang nantinya tertuang dalamRencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan terima kasihnya atas pengabdian Pj Sekretaris Daerah yang lama, Doni Rahmat Samulo yang diharapkan dapat terus membantu memperjuangkan Solsel di tingkat provinsi nantinya.

Syamsurizaldi dilantik menjadi Sekda setelah melalui berbagai tahapan yang dilakukan Tim Panitia Seleksi Daerah (Panselda), dan sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pengangkatan tersebut berdasarkan rekomendasi, dan Persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) No. B2684/KASN/08/2021 Tanggal 9 Agustus 2021 yang ditandatangani Ketua KASN Agus Pramusinto.

Kemudian Persetujuan Mendagri tentang Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan Nomor 821/4550/SJ Tanggal 23 Agustus 2021 yang ditindaklanjuti Gubernur Sumbar melalui Surat BKD No. 821/5746/IV/BKD-2021, serta SK Bupati Solok Selatan No. 800.246-2021, tentang Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Pemkab Solok Selatan. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru