Hari Ini Konferensi ICLA-10 FBS Universitas Negeri Padang Dibuka oleh Rektor

PENDIDIKAN-398 hit

Padang-Pimpinan Universitas Negeri Padang mengapresiasi Fakultas Bahasa dan Seni atas pelaksanaan Konferensi Internasional ICLA-10 tahun 2021 dengan tema "The Role of Language and Arts in Supporting Creative Industry Achievement in Industrial Revolution 4.0" dan terima kasih atas kesediaan Pemakalah Utama, pemakalah pendamping dan peserta.


Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt. dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Konferensi Internasional ICLA-10 yang diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni UNP secara virtual pada Rabu (25/8) hati ini.

"Di era perubahan dan globalisasi yang luar biasa ini, banyak yang mengakui bahwa kreativitas dan inovasi kini menggerakkan ekonomi baru. Organisasi dan bahkan wilayah ekonomi yang menganut kreativitas menghasilkan pendapatan yang jauh lebih tinggi dan memberikan stabilitas yang lebih besar di masa depan," jelas Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt.

Lebih lanjut Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt. menjelaskan oleh karena itu, strategi pertumbuhan ekonomi kreatif berfokus pada pemanfaatan potensi pengembangan sumber daya yang tidak terbatas dan bukan pada optimalisasi sumber daya yang terbatas (seperti dalam industri manufaktur tradisional).

Menurut Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt., budaya dan industri kreatif semakin terintegrasi ke dalam agenda kebijakan baik negara maju maupun negara berkembang. "Budaya semakin menemukan arahnya menuju pasar, yang mengarah ke transformasi radikal dalam cara orang mencipta, mengkonsumsi dan menikmati produk budaya," tambah Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt.

Kata Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt., globalisasi dan konvergensi teknologi multimedia dan telekomunikasi telah mengubah konsumen dari penerima pasif pesan budaya menjadi creator aktif konten kreatif. Distribusi digital dalam industri seperti desain dan musik telah mengubah pasar global dan memungkinkan industri dan konsumen baru muncul di kawasan berkembang.

Pada kesempatan itu Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt. menambahkan sebuah penelitian secara signifikan membuktikan pentingnya mengintegrasikan seni ke dalam pembelajaran, dan peningkatan terkait dalam pencapaian murid lintas disiplin ilmu.

"Sebuah studi oleh Cultural Learning Alliance membuktikan bahwa partisipasi dalam pembelajaran seni meningkatkan pencapaian dan kesejahteraan: partisipasi dalam kegiatan seni terstruktur dapat meningkatkan kemampuan kognitif; belajar melalui seni dan budaya dapat meningkatkan pencapaian dalam Matematika & Bahasa Inggris; belajar melalui seni dan budaya mengembangkan keterampilan dan perilaku yang mengarahkan anak-anak untuk berprestasi lebih baik di sekolah; siswa dari keluarga berpenghasilan rendah yang mengikuti kegiatan seni di sekolah tiga kali lebih mungkin untuk mendapatkan gelar; anak-anak yang mengambil bagian dalam kegiatan seni di rumah selama tahun-tahun awal mereka unggul dalam membaca dan Matematika pada usia sembilan tahun.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Konferensi Internasional ICLA Dra. Nerosti, M.Hum., Ph.D. melaporkan bahwa pada Konferensi Internasional ini menampilkan tujuh pemakalah utama, dan puluhan pemakalah paralel serta dihadiri oleh 400 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Dra. Nerosti, M.Hum., Ph.D. menyampaikan topik yang disampaikan oleh pemakalah utama adalah "Creative Industry" oleh Dr. (Cand.) Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM ASEAN Eng.(Deputy Governor of West Sumatera, Indonesia), "Applied Linguistics and Indonesia Studies" oleh Dr. Zifirdaus Adnan (University of New England, Australia), "Gender, woman, and Sexuality" oleh Prof. Rachmi Diyah Larasati, Ph.D. (University of Minnesota, US), "Contemporary Culture" oleh Prof. Dr. Bambang Sugiharto (Institut Teknologi Bandung, Indonesia), dan "Language Teaching" oleh Prof. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph.D. (Universitas Negeri Padang, Indonesia), "Teaching of BIPA" oleh Banit Svetlana Viktorovna (St. Petersburg State University, Rusia), "Arts" oleh Makmur, S.Ag., M.Let., Ph.D.(Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia). (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru