Mahasiswa Kukerta UNRI Edukasi AKM di SDN 07 Nagari Sungai Jambu Tanah Datar

PENDIDIKAN-441 hit

BATUSANGKAR - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau berbasis paper and pencil di gantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Ini merupakan Hasil Rapat Terbatas Pembahasan UN, 24 Maret 2020 yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidkan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid 19).

Untuk itu, Mahasiswa KKN Universitas Riau yang diketuai oleh Riky Rahman memberikan pemahaman dan edukasi tentang AKM di SD N 07 Sungai Jambu, Kenagarian Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Jumat (16/07/2021) silam.

Disebutkan, AKM adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM ditujukan untuk persekolahan peserta adalah sampel siswa kelas 5,8, dan 11 (dipilih secra acak). Untuk pendidikan kesetaraan peserta adalah warga belajar kelas 6,9, 12 yang memerlukan. Pelaksanaan Asesmen Nasional untuk siswa kelas 8 jenjang SMP/MTs, serta kelas 11 jenjang SMA/MA, dan SMK pada akhir Maret Pertengahan April 2021, untuk siswa kwlas 5 jenjang SD/MI direncanakan pada bulan Agustus 2021.

Baca Juga


"Assesment Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendiddikan. Oleh karenanya mahasiswa kukerta bersama dengan Majelis Guru SD N 07 Nagari Sungai Jambu melakukan kerja sama dalam memberikan pengertian dan contoh mengenai AKM kepada siswa dan siswi sebagai bentuk pengembangan kompetensi dan karakter murid," sebut Riky.

Sosialisasi mengenai soal AKM ini dilakukan di SD N 07 Sungai Jambu, dimana pihak yang terlibat yaitu mahasiswa kukerta, majelis guru dan siswa siswi kelas 5 di SDN 07 Nagari Sungai Jambu. Mahasiswa kukerta UNRI Nagari Sungai Jambu memberikan pemahaman kepada siswa siswi dalam bentuk contoh soal yang disajikan dalam sebuah power point yang menarik, yamg mana cara ini diharapkan agar siswa siswi dapat dengan cepat memahami bentuk dari soal AKM tersebut.

Kegiatan ini dapat terlaksana berkat adanya kerjasama dan dukungan penuh kepala sekolah beserta jajaran guru SDN 07 Nagari Sungai Jambu. Mahasiswa kukerta UNRI Nagari Sungai Jambu memberikan pemahaman kepada siswa siswi dalam bentuk contoh soal yang disajikan dalam sebuah power point yang menarik, yang mana cara ini diharapkan agar siswa siswi dapat dengan cepat memahami bentuk dari soal AKM tersebut.

Kepala Sekolah SDN 07 Nagari Sungai Jambu, Elhutri, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa kukerta tersebut. "sosialisasi ini sangat berdampak bagi berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di SDN 07 Nagari Sungai Jambu, karena dimasa pandemi banyak sistem pembelajaran yang sedikit berubah dari belajar biasanya, sehingga para guru sedikit kesusahan untuk memberikan pemahaman mengenai AKM ini kepada siswa dan siswi yang ada di Nagari Sungai Jambu," pungkas Elhutri. (Yesi Rahmadani/Jen)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru