Pusat Pendidikan Polwan Bakal Dibangun di Kota Bukittinggi

PEMERINTAHAN-327 hit

BUKITTINGGI - Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, sampaikan wacana pembangunan pusat pendidikan Polwan di Bukittinggi kepada tim Pusat Sejarah (Pusjarah) Mabes Polri.

Wacana tersebut disampaikan Erman Safar pada saat menerima kunjungan rombongan Pusat Sejarah (Pusjarah) Mabes Polri, di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Belakang Balok, Jumat, (20/08/2021).

Rombongan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Pusjarah Mabes Polri, Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol. Apriastini, didampingi Sejumlah Perwira Menengah (Pamen) Polwan dari Polda Sumbar dan Polres Bukittinggi.

Baca Juga


Dalam pertemuan itu,

Wako Erman Safar menyampaikann apresiasi atas kunjungan rombongan Pusjarah Mabes Polri ke Bukittinggi sehubungan dengan momen memperingati Hari Polwan.

Wako juga menyampaikan usulan dan kesediaan Pemko Bukittinggi memfasilitasi pembangunan Pusat Pendidikan Polwan di Bukittinggi. Usulan tersebut, menurut Wako, juga telah diajukan kepada Komisi III DPR RI, katanya.

Lebih lanjut Wako menyampaikan, banyaknya peristiwa bersejarah yang terjadi di Kota Bukittinggi pada masa sebelum dan setelah kemerdekaan RI, melatarbelakangi serta memotivasinya untuk menghidupkan kembali sejarah tersebut, terutama menjadikan kembali Kota Bukittinggi sebagai Pusat Pendidikan Polwan.

Sementara Brigjen. Pol. Apriastini mengatakan, kunjungannya beserta rombongan ke Bukittinggi dalam rangka napak tilas sejarah Polisi Wanita (Polwan) sehubungan dengan peringatan Hari Polwan ke-73.

Sejarah mencatat, korps Polwan Kepolisian RI pertama kali terbentuk di Kota Bukittinggi, yang ditandai dengan diterimanya 6 (enam) orang siswa wanita di SPN Bukittinggi pada 1 September 1948.

Tanggal tersebut akhirnya ditetapkan sebagai hari lahirnya Polisi Wanita (Polwan), ujarnya.

Di samping itu, Brigjen. Pol. Apriastini menyebutkan kunjungan tersebut juga dalam rangka meninjau wacana pembangunan museum Polwan di Bukittinggi.

Brigjen. Pol. Apriastini menyambut baik wacana yang disampaikan Wako Erman Safar atas kesediaan Pemko Bukittinggi memfasilitasi pembangunan Pusat Pendidikan Polwan.

Ia berjanji akan menindaklanjuti usulan tersebut kepada Kapolri, ujarnya.

( Yus).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru