Rasa Haru dan Sukacita Menyelimuti Pisah Sambut Kapolres Sawahlunto

PERISTIWA-262 hit

SAWAHLUNTO - Haru, dan sedih, menghiasi prosesi pelepasan AKBP Junaidi Nur,SH, SIK untuk mengisi posisi mantap di Mabes Polri sebagai KASUBBAGDALWAS BAGDALMUTU RORENMIN ITWASSUM POLRI, Sementara sukacita menyambut kedatangan Kapolres Sawahlunto yang baru AKBP Ricardo Condrat Yusuf,SH,SIK,MH yang sebelumnya menjabat sebagai KASUBABBAGKERMALEMNEG BAGKERMALEM ROKERMALUHKUM DIVKUM POLRI, di Mapolres setempat Sabtu (21/8/21).

AKBP Junaidi Nur mengucapkan selamat tinggal kepada seluruh perwira, anggota, dan bayangkari yang selama ini dia bina sebagai polisi pengayom dan jauh dari sikap mengedepankan arogansi dalam bertugas. Junaidi Nur berharap sikap dan perilaku dan kedisiplinan yang ditanamkan dalam setiap diri anggota kepolisian tetap dipertahankan, sehingga kelak menjadi modal dalam mengembangkan karir bagi setiap anggota yang ada sekarang akan menjadi perwira.

"Saya akan bangga dan doakan, kelak anggota yang pernah saya bina ini akan menjadi perwira semuanya, seperti halnya anggota saya saat berdinas di Ternate dulu sekarang semua sudah perwira. Untuk itu, bekerjalah dengan penuh dedikasi dan mengayomi serta jauhkan sikap arogansi sebagai seorang polisi yang baik." Ungkap Junaidi Nur, ketika diwawancarai beritaminang.com disela kesibukannya pada acara pisahsambut di Mapolres Sabtu kemarin.

Dikemukakannya, meski dia harus melaksanakan perintah Kapolri untuk memegang jabatan baru di Mabes Polri bukan berarti hubungan komunikasi dan silaturahmi terputus. Dia berharap hubungan baik antara pimpinan dan anggota selaku terjaga. Sebab, lanjut dia, tugas baru yang dia emban berhasil diperoleh karena kerjasama yang terjalin dalam pelaksanaan tugas, sehingga hal ini menjadi kekuatan tersendiri dalam penilaian atasan terhadap bawahan.

Dukungan serupa juga sangat dirasakan dengan membangun komunikasi dan silaturahmi bersama tokoh-tokoh adat dan agama serta komponen masyarakat lainnya. Tak kalah pentingnya, rekan-rekan wartawan juga banyak berkontribusi dalam hal ini sehingga seluruh kekuatan menjadi terhimpun dalam pelaksanaan tugas berat kepolisian sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi semua ini, semoga apa yang rekan-rekan lakukan bisa menambah solidaritas kita selama ini dalam menciptakan suasana keamanan dan ketertiban ditengah pandemi saat ini. Saya menitipkan kepada Bapak Kapolres yang baru AKBP Ricardo Condrat hubungan seperti ini tetap dijaga dan lanjutkan." Tukuk dia.

Terpisah, Kapolres baru AKBP Ricardo Condrat kepada beritaminang.com mengatakan, dia akan tetap memperhatikan dan lanjutkan pola pendekatan dan komunikasi yang telah dibangunan AKBP Junaidi Nur bersama tokoh dan masyarakat, serta berbagai organisasi yang ada dan dibina Kepolisian Resor Sawahlunto. Dia juga berharap dukungan untuk itu terus dilakukan.

Menurut perwira berdarah Minang lahir dirantau, ibu Pakandangan Pariaman, dan ayah Matur Kabupaten Agam ini, dia akan melaksanakan tugas sesuai yang digariskan pimpinan dan negara dimana saat ini Polri fokus untuk menjaga stabilitas keamanan juga siaga terhadap penularan COVID-19 bersinergi bersama TNI dan Pemerintah Daerah serta puhak-pihak lainnya dalam memutus rantai penularan virus tersebut.

"Kita fokus menghadapai bagaimana mampu menanggulangi COVID-19 dan memutus rantai penularanya secara terkoordinasi bersama TNI dan Pemerintah Daerah serta pihak terkait lainnya." Kata Ricardo Condrat.

Ketua LKAAM Sawahlunto Ir.Dahler DJAMARIS Dt.Panghulu Sati, MSc mengucapkan selamat jalan kepada AKBP Junaidi Nur dan selamat datang kepada AKBP Ricardo Condrat Yusuf sebagai Kapolres Sawahlunto yang baru. Selaku tokoh adat dia siap bekerjasama dengan Polri dalam menjaga stabilitas keamanan di daerah ini.

Dia berharap pola dan pembinaan masyarakat yang dibangun dengan baik selama ini dapat dilanjutkan, seperti jika ada tindak pidana ringan yang terjadi ditengah masyarakat disebuah daerah jika bisa diselesaikan secara musyawarah melibatkan tokoh-tokoh setempat tak harus sampai ke kepolisiaan seperti melalui penyelesaian Badan Musyawarah Nagari atau Musri yang ada di desa-desa dalam Kota Sawahlunto.

Ketua Pokdar Kamtibmas H.Jaswandi,SE juga berharap kepada Kapolres yang baru agar tetap mempererat komunikasi dan kerjasama yang sudah terjalin selama ini, bahkan bisa ditingkatkan dalam mewujudkan sinergitas antara Polri khususnya Polres Sawahlunto dengan masyarakat. Hal ini sebenarnya sudah terwujud melalui peran serta Pokdar Kamtibmas semenjak dibentuk dan dibina Kapolres lama AKBP Junaidi Nur. (Iyos)

Kapolres Sawahlunto AKBP Ricardo Condrat saat menyampaikan arahan kepada jajarannya dalam suasana apel pagi didampingi AKBP Junaidi Nur yang dapat posisi jabatan baru di Mabes Polri. Foto : Iyos

Loading...

Komentar

Berita Terbaru