Sejak Pandemi Covid-19, Baru 1 Orang Yang Meninggal Karena Covid-19 Di Nagari Talang Maur

KESEHATAN-294 hit

TALANGMAUR - Sejak Pandemi covid-19 merambat sampai ke Nagari Talangmaur, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota (Sumbar), baru 1 orang yang meninggal karena terpapar covid-19.

Menurut Walinagari Talangmaur Normal Efendi S.A.P kepada media ini mengatakan, sejak Maret 2020 pandemi covid-19 sampai ke Indonesia, telah 17 orang warganya yang tertular virus corona tersebut.

Setelah melalui isolasi, ke 17 orang itu, dinyatakan telah sembuh/selesai Isolasi, karena 2 kali konversi tes swabnya telah negatif , dan yang meninggal terinfeksi covid-19 itu hanya 1 orang, yaitu Dahniar umur 85 th, meninggal Jumat (20/08/21) kemaren dan dikuburkan secara protokol covid-19, ujar Walinagari Talang Maur Normal Efendi.

Baca Juga


Walinagari Talangmaur berharap, mudah mudahan tidak ada lagi warganya yang positif terinfeksi virus covid-19.

Untuk itu, walinagari pilihan rakyat Talangmaur ini, selalu memotivasi warganya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, karena kunci keberhasilan memutus matarantai penyebsran virus cotona itu terletak pada sikap masarakat dalam mematuhi prokes.

Dia berharap, warganya tidak lengah terhadap penyebaran virus covid-19 yang tidak dapat diketahui entah akan berakhir.

Setiap orang yang abai terhadap prokes, bisa saja orang itu tanpa gejala, kontak dengan urang lain,secara tidak sadar orang itu telah menularkan virus yang mematikan itu kepada orang orang yang kontak dengannya,kata Normal Efendi.

Walinagari Talangmaur selalu mengingatkan agar menerapkan 6M, memakai masker kemana pergi, mencuci tangan setiap sudah melakukan kontak, menjaga jarak dimana saja berada, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan mengikuti vaksin.

Motivasi dan sosialisasi itu selalu dilakukan Walinagari Talangmaur.

Seperti jumat,20/08 kemaren, Walinagari bersama Babinkamtibmas Bripka pol Hominggo Vornando melakukan sosialisasi prokes dimulai dari depan posko PPKM, setiap warga yang lewat tidak memakai masker, dihentikan, diberi pengertian agar memakai masker guna menyayangi diri sendiri, keluarga dan orang orang dilingkungan kita,ingat Walinagari kepada warganya yang tidak memakai masker.

Dari depan posko PPKM Walinagari bersama Babinkamtibmas dan satgas PPKM melanjutkan kegiatan mensosialisasikan prokes, terutana pemakaian masker ke dalam pasar Kampuang Tangah.

Disini, walinagari bersama tim Banyak menemui pedagang tidak pakai masker.

Mereka langsung ditegur Babinkamtibmas dan disuruh mamakai masker yang betul, yaitu menutup mulut dan hidung, tidak hanya sekedar menutup dagu saja.

Begitu juga pengunjung pasar yang sedang berbelanja tidak memakai masker, langsung diingatkan dan disuruh memakai masker dengan benar terang Walinagari yang diamini oleh Babinkamtibmas Bripka pol Hominggo Vornando.

Lebih lanjut Walinagari Talang Maur menjelaskan, sosialisasi juga dilakukan melalui himbauan yang disiarkan dalam sidang jamaah sholat limawaktu di mushalla serta sidang jamaah sholat jumat di masjid masjid yang ada di Talangmaur, dan himbauan itu juga di tempelkan di warung warung yang ada di dalam nagari Talang maur, tambah Walinagari.

( Yus/ yusrizal)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru